Scroll to Top

Setelah Alami Bug, Layanan Pesan Tahun Baru FB Kembali Online

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 01 Jan 2013

Midnight Message Delivery

Masih ingat dengan Facebook Midnight Message Delivery? Sebuah layanan FB pesan tahun baru secara otomatis yang dibuka beberapa waktu yang lalu ternyata mengalami bug. Setelah celah tersebut diperbaiki layanan ini kembali online sekarang.

Ide Facebook Midnight Message Delivery sungguh brilian sejatinya. Pengguna yang tak sempat berkirim ucapan selamat tahun baru pada teman dan kerabatnya di FB, bisa memanfaatkan layanan ini.

Selain gratis, FB Midnight Message Delivery bisa mengirimkan pesan ucapan tersebut tepat pas malam pergantian tahun: 31 Desember jam 24:00 atau 1 Januari jam 00:00. Namun siapa sangka layanan ini miliki celah atau bug.

Adalah Jack Jenkins yang menemukannya. Ia adalah seorang mahasiswa di Universitas Aberystwyth Inggris. Awalnya ia tak menduga menjumpai celah ini. Dari bug tersebut, ia bisa membaca pesan private pengguna lain.

Jack Jenkins mengaku hanya mengutak-atik URL laman konfirmasi di aplikasi tersebut. Ternyata hasil utak-atiknya justru memunculkan pesan private lain yang ditujukan ke pengguna yang tidak ia kenal. Pengalaman ini lalu ia menuliskan di laman blog pribadinya.

Juru bicara Facebook berujar pada The Guardian jika layanan pesan tahun baru tersebut sempat ditutup untuk perbaikan. Bahkan Facebook harus menonaktifkan aplikasi tersebut supaya tak ada yang bisa mengaksesnya.

Namun aplikasi ini menjelang tahun baru atau detik-detik pergantian tahun baru 2013 telah dibuka kembali. Laman CNET News menulis jika Facebook Midnight Message Delivery telah online kembali dan banyak pengguna yang mulai menggunakan kembali layanan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda