Scroll to Top

Lionel Messi = Romario + Ronaldo?

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 02 Jan 2013

Lionel Messi = Romario + Ronaldo

Lionel Messi digadang-gadang akan menjadi peraih Ballon d’Or 2012 dengan menaklukkan Cristiano Ronaldo dan Andres Iniesta. Namun, kita bisa bergerak lebih jauh. Ada kemungkinan akhir musim ini, King Leo mengalahkan Ronaldo lain. Siapa lagi kalau bukan si tonggos Ronaldo Nazario da Lima. Bisa jadi, melihat produktivitas King Leo saat ini, gol yang dicetaknya di Liga Spanyol musim ini, adalah gabungan jumlah gol Romario dan Ronaldo, dua diantara para bomber terganas Barcelona sepanjang masa.

Melihat yang diperbuat oleh Lionel Messi, bagaikan melihat sebuah film kartun. Ketika para penyerang normal kesulitan menyetarakan jumlah gol mereka dengan jumlah laga, King Leo justru dengan enteng mencetak 27 gol hanya dalam 17 pertandingan. Hubungan mesra antara Papa Leo dengan gol semakin intim saja. Dua hal yang tak bisa terpisahkan.

Menengok ke belakang, pernah ada suatu masa ketika Barcelona dihuni para penyerang top dunia. Sebutkanlah Romario dan Ronaldo, yang bergabung di klub Catalan pada masa berbeda. Romario memperkuat klub Catalan dalam dua musim. Pada musim perdananya, pria yang sekarang menjadi politisi ini, mampu membukukan 30 gol hanya dalam 33 laga. Sementara di musim kedua, ia lenyap sebelum hijrah ke Flamengo.

Sementara itu, sang junior Ronaldo, bergabung ke Barca dalam semusim. Pada periode 1996-1997, Ronnie mampu menyarangkan 34 gol hanya dalam 37 pertandingan. Cukup unik, duo Brazil yang kelak melegenda dengan istilah “Ro-Ro” ini sama-sama menjadi top skor La Liga.

Sekarang, bisa dibandingkan dengan Lionel Messi. Jumlah King Leo musim ini,  bukan tidak mungkin akan menjadi gabungan jumlah gol Romario + Ronaldo. Ya, jika disatukan, Romario dan Ronaldo mencetak 64 gol.

Sementara,  andai King Leo lancar-lancar saja dalam mencetak gol di La Liga, plus mulus-mulus saja tak terhantam cedera, hanya dengan melihat rerata golnya saat ini, maka akhir musim kemungkinan jumlah goln Messi melesat ke angka di atas 60 gol. Memang 64 gol tak bisa dibandingkan dengan 60 gol. Tapi jangan lupakan, bahwa yang sedang ditantang untuk menyalip gabungan gol Romario + Ronaldo adalah … seorang Lionel Messi.

(Bdfutbol/ Xavi Munoz/Mundo Deportivo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda