Scroll to Top

Ubuntu Linux untuk Smartphone Diluncurkan Canonical

By Ditya / Published on Thursday, 03 Jan 2013

Ubuntu for Smartphone

Akhirnya terungkap, sebuah sistem operasi Ubuntu misterius yang diduga adalah Ubuntu Linux versi touchscreen ternyata adalah Ubuntu Linux untuk smartphone. Canonical secara resmi meluncurkan sistem operasi Ubuntu Linux untuk platform smartphone dengan kemampuan touchscreen.

Canonical secara resmi mengumumkan kehadiran Ubuntu Linux untuk smartphone pada hari Rabu kemarin (02/01/2013). Sistem operasi Ubuntu Linux untuk smartphone ini akan menjadi salah satu sistem operasi yang mengusung semangat open source dan produsen dapat menggunakan Ubuntu Linux untuk smartphone tanpa harus membayar biaya lisensi.

“Kami berharap Ubuntu menjadi populer di pasar enterprise, memungkinkan pelanggan untuk penyediaan perangkat tunggal yang aman untuk semua PC, thin client dan fungsi telepon. Ubuntu Linux telah banyak digunakan perusahaan.”

“Kami juga melihat peluang di basic smartphone yang digunakan untuk telepon, SMS, web dan email, di mana Ubuntu memiliki kemampuan lebih berkat aplikasi asli inti dan presentasi stylish,” kata Jane Silber, CEO Canonical.

Ubuntu Linux untuk smartphone akan fokus pada 2 pasar, yakni kelas atas (superphone) dan kelas basic smartphone atau entry-level. Ubuntu Linux untuk smartphone menawarkan tampilan antarmuka yang disebut dengan Edge Magic.

Tak hanya itu, Ubuntu Linux untuk smartphone juga menawarkan beberapa layanan milik sendiri, sebut saja Ubuntu One yang merupakan layanan penyimpanan awan atau cloud storage besutan Canonical yang menyediakan solusi berbagi file yang aman.

Prototipe smartphone berbasis Ubuntu ini kabarnya akan dipamerkan di ajang CES 2013 dan smartphone berbasis Ubuntu diharapkan mulai dipasarkan pada akhir tahun 2013.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (02/01/2012), smartphone Ubuntu untuk kelas atas minimal akan mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A9 atau Intel Atom SoC dengan memori RAM 1GB serat kapasitas penyimpanan 32GB.

Sedangkan spesifikasi minimal untuk smartphone kelas entry-level adalah prosesor single-core 1GHz ARM Cortex-A9 SoC dengan memori RAM sebesar 512MB dan ruang penyimpanan sebesar 4GB atau 8GB. Kedua kelas smartphone ini mendukung slot microSD serta layar multi-touch.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda