Scroll to Top

Google XPhone Fokus Saingi Samsung, Bukan iPhone?

By Ditya / Published on Thursday, 03 Jan 2013

Google Xphone

Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar mengenai proyek smartphone Google dengan Motorola yang disebut dengan Google XPhone. Sebuah sumber anonim mengatakan bahwa Google merancang XPhone untuk fokus bersaing dengan Samsung yang merupakan produsen smartphone Android terbesar, bukan fokus untuk menyaingi iPhone.

Google XPhone adalah smartphone Android misterius yang dirancang bersama Motorola. Sumber anonim tersebut juga mengatakan bahwa Motorola saat ini bekerja pada 2 proyek smartphone, yakni smartphone yang ekslusif untuk operator Verizon Wireless dan smartphone XPhone yang saat ini ramai diperbincangkan.

Tak hanya XPhone, Google juga menyiapkan sebuah tablet misterius yang bernama XTablet yang juga diluncurkan pada tahun 2013 untuk menyaingi jajaran tablet besutan Samsung. Bahkan, CEO Google, Larry Page dilaporkan telah menyiapkan anggaran yang cukup besar untuk XPhone dan XTablet.

Lalu mengapa sasaran utama Google XPhone adalah Samsung? Samsung adalah produsen smartphone Android terbesar saat ini dan Samsung menghasilkan banyak uang dari penjualan jajaran smartphone dan tablet Galaxy.

Sedangkan Google yang merupakan pembesut Android hanya mendapatkan keuntungan dari layanan yang tertanam pada smartphone Android, seperti Google Maps, Google Search, YouTube, dan lain sebagainya. Samsung bisa saja merombak Android pada smartphone besutannya dengan menghilangkan layanan Google dan hal inilah yang tak diinginkan oleh Google.

Berdasarkan spekulasi diatas, sumber anonim tersebut mengatakan bahwa kehadiran Google XPhone adalah untuk mengurangi dominasi Samsung di pasar smartphone Android. XPhone akan menawarkan kelebihan yang tak dimiliki oleh smartphone Android lain, yakni kontrol penuh Google terhadap pengembangan dan update sistem operasi Android yang digunakan pada XPhone.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (02/01/2013), sampai saat ini tak ada pernyataan resmi Google terkait proyek XPhone. Tampaknya raksasa mesin pencari ini masih merahasiakan detail smartphone canggih yang sedang dipersiapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda