Scroll to Top

Kandungan Lycophene Pepaya Mampu Lawan Sel Kanker

By Ilham Choirul / Published on Friday, 19 Aug 2011

Selama ini pepaya dikenal efektif mengatasi susah buang air besar. Kandungan seratnya yang tinggi mampu menggelontorkan kotoran di perut untuk dibuang bersama feces. Tahukah Anda? Manfaat pepaya tidak berhenti sampai di situ. Buah manis kaya air ini juga punya peran untuk mengatasi kanker.

Kandungan lycophene dalam buah pepaya mampu merangsang sel pertahanan tubuh untuk lebih kuat melawan sel abnormal penyebab kanker dan mencagah kerusakan DNA.  Sehingga, pepaya baik untuk tindakan pencegahan dan pengobatan kanker.

Penelitian yang termuat dalam jurnal Ethnopharmacology mengatakan, jenis kanker yang bisa diatasi oleh pepaya antara lain kanker rahim, payudara, hati, paru-paru, dan pankreas. Penelitian yang dilakukan Dr. Nam Dang dari Universitas Florida itu juga menyatakan, ekstrak pepaya yang diujikan tidak memiliki efek racun yang berbahaya untuk sel normal. Sehingga, bila dikembangkan, ekstrak pepaya bisa dijadikan obat alternatif untuk kanker.

Selain pepaya, zat lycophene bisa ditemukan pada tomat, semangka, dan anggur. Lycophene juga ditemukan pada berbagai sayuran dan buah-buahan yang memiliki daging buah penuh warna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda