Scroll to Top

Prosesor Apple akan Diproduksi TSMC?

By Ditya / Published on Thursday, 03 Jan 2013

Apple A6

Kabar bahwa Apple menggandeng TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) untuk memproduksi prosesor Apple tampaknya benar. Sebuah laporan dari The China Times menyebutkan bahwa saat ini TSMC sedang uji coba produksi chipset Apple A6X menggunakan eknologi proses 28nm.

Selama ini prosesor dan chipset Apple seri A diproduksi oleh Samsung. Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini tampaknya ingin lepas dari ketergantungan pasokan komponen yang selama ini dipasok oleh Samsung.

TSMC sendiri adalah perusahaan asal Taiwan yang memproduksi chip silicon yang saat ini memiliki klien-klien besar, sebut saja Qualcomm, AMD, Nvidia, dan kini Apple pun bergabung untuk menggunakan jasa TSMC untuk memproduksi prosesornya.

Semenjak terlibat konflik paten dengan Samsung, Apple berusaha mengurangi ketergantungan pasokan komponen dari Samsung. Perusahaan yang menggunakan logo buah apel ini telah lama diisukan menggandeng TSMC untuk memproduksi prosesor seri A milik Apple.

TSMC sendiri awalnya mengalami masalah pada produksi yang menggunakan teknologi 28nm, tapi perusahaan yang berbasis di taiwan ini terus meyakinkan klien besar seperti Qualcomm dan Apple bahwa masalah tersebut akan selesai pada November 2012 lalu dan janji TSMC tersebut benar.

Jajaran produk baru Apple seperti iPad Mini, iPhone 5, dan iPad 4 tak lagi menggunakan chip memori dari Samsung dan beralih menggunakan chip memori buatan Micron dan Elpida. Layar iPad Mini kabarnya juga tak lagi dipasok oleh Samsung, melainkan LG dan Sharp.

Tak hanya itu, baterai jajaran produk MacBook juga dikabarkan tak lagi dipasok oleh Samsung. Apple dikabarkan menggandeng dua produsen baterai asal China untuk memasok baterai untuk jajaran MacBook.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (02/01/2013), jika uji coba produksi prosesor Apple A6X berhasil, kemungkinan besar TSMC akan menjadi partner utama Apple untuk memproduksi prosesor masa depan seperti Apple seri A7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda