Scroll to Top

Google Tanam 2 Server di Asia, Kecepatan Meningkat 30%

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 03 Jan 2013

Google Server

Google tanam 2 server di Asia: Taiwan dan Singapura. Dengan suntikan 2 amunisi ini maka kecepatan layanan Google bisa meningkat hingga 30%.

Server di kedua negara tersebut sejatinya belum lama ditanam. Di Singapura misalnya, server Google pertama di Asia Tenggara ini dimulai akhir tahun 2011.

Sedangkan untuk Taiwan baru dibangun pada bulan April tahun 2012 lalu. Raj Gopal AS, Managing Director NxtGen Datacenter & Cloud Services Google, di Bangalore, India mengatakan, 2 server ini memang sengaja ditambahkan guna meningkatkan kecepatan dan layanan Google terutama di wilayah Asia.

Untuk pengerjaan kedua server tersebut bisa dibilang sangat cepat. Server di Singapura diprediksi bakal rampung pada awal tahun ini dan server di Singapura akan memasuki tahap uji coba pada paruh kedua tahun 2013.

Selain Singapura dan Taiwan, Google sejatinya juga memersiapkan sebuah lokasi server baru di Hongkong. Namun sayangnya Google enggan membeberkan tentang lokasi server barunya tersebut.

Untuk membangun tiga server tersebut saja, Google menggelontorkan dana sekitar USD 700 juta. Sejauh ini Google miliki 7 data center di AS dan di beberapa wilayah lainnya seperti Finlandia, Belgia, dan Irlandia. Untuk jumlah server di Asia, memang masih terlalu minim.

Jika Google ingin membangun server di Indonesia, sejatinya sesuai dengan peraturan pemerintah. Salah satu konteks Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 yakni mewajibkan penyelenggara layanan elektronik untuk menempatkan pusat data dan pusat pemulihan bencana di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda