Scroll to Top

Samsung Desain Ulang Google Chromebox

By Ditya / Published on Thursday, 03 Jan 2013

Samsung Chromebox

Setelah beberapa waktu Samsung merilis Chromebook Series 5 yang ditenagai oleh chipset Samsung Exynos 5, kini raksasa elektronik asal Korea Selatan ini merilis desain ulang dari Chromebox, yakni Samsung Series 5 Chromebox 550.

Chrombox sendiri adalah komputer yang mengusung konsep desain yang kompak untuk menghemat tempat. Chromebox datang dengan sistem operasi yang sama dengan Chromebook, yakni sistem operasi berbasis cloud Chrome OS besutan Google.

Chromebox generasi pertama besutan Samsung sangat mirip dengan Apple mac Mini, yakni mengusung desain kotak dengan sudut yang membulat (rounded). Sedangkan Chromebox tebaru ini telah didesain ulang oleh Samsung, sehingga bentuknya tak lagi mirip dengan Apple Mac Mini.

Desain baru Chromebox besutan Samsung yang mengusung warna putih dan terbuat dari material plastik ini terlihat lebih menarik dibanding Chromebox generasi sebelumnya.

Samsung Chromebox generasi baru ini ditenagai oleh prosesor Intel Celeron B840 dual-core dengan kecepatan 1,9GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB serta grafis dari Intel HD Graphics. Spesifikasi Chromebox ini memang tak terlalu powerfull, mengingat sistem operasi berbasis cloud memang tek membutuhkan tenaga komputasi yang besar.

Samsung juga membekali Chromebox barunya dengan ruang penyimpanan sebesar 16GB berupa SSD (Solid State Drive), WiFi, speaker mono dengan daya 2W, 6 port USB 2.0, port DVI, headset jack, dan dua DiplayPort.

Sistem operasi Chrome OS ini dapat dibilang seperti sistem operasi Linux yang dirancang oleh google untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi berbasis web dan cloud. Sistem operasi Chrome OS diluncurkan pada tanggal 7 Juli 2009.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (02/01/2012), generasi baru Chromebox besutan Samsung ini dijual dengan harga kisaran USD $300 atau sekitar Rp 2,9 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda