Scroll to Top

FB Jejaring Sosial Nomor 1 di 127 Negara

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 03 Jan 2013

World Map of Social Network

Facebook kian menggurita. Social network ini seakan tak miliki rem. FB menjadi jejaring sosial nomor 1 di 127 negara.

Vicenzo Cosenza sebuah social media strategist yang berpusat di Italia kembali memutakhirkan World Map of Social Networks untuk bulan Desember 2012 lalu. Peta jejaring sosial ini mencoba untuk memetakan dunia dari ‘kolonisasi’ jejaring sosial yang ada.

Dan hasilnya sudah bisa ditebak. Facebook kian menggelora. Daerah ‘koloninya’ semakin bertambah. Ekspansinya kian meluas. Facebook hanya tak popular di 3 negara saja.

China, Rusia – dan beberapa pecahan negara kecil Uni Soviet –  dan Iran. Hanya 3 negara tersebut Facebook tak ‘dikenal’. Di China pengguna ber-social network menggunakan QZone.

Di Russia ada dua jejaring sosial utama: VKontakte dan Odnoklassniki. Sedangkan di Iran rakyat Timur Tengah tersebut setia dengan Cloob.

Facebook sendiri mengalami pertumbuhan (pengguna) luar biasa di beberapa wilayah. Sebut saja seperti di Armenia, Kyrgyzstan, Latvia, dan Vietnam.

Bulan Juni 2012 lalu, Vicenzo Cosenza juga memutakhirkan Peta Jejaring Sosialnya. Kala itu Facebook menjadi nomor 1 di 126 negara.

Bulan Juni lalu rakyat di negeri Vietnam masih tergila-gila dengan Zing. Pun juga dengan netizen Latvia lebih memilih Drauglem.

Namun untuk kali ini, dua wilayah tersebut sudah jatuh ke pelukan Facebook. Vicenzo Cosenza mencatat jika baik Zing dan Drauglem mengalami penurunan pengguna yang cukup signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda