Scroll to Top

TweetRoach, Kecoa Cyborg yang Dikontrol Melalui Perintah di Twitter

By Ditya / Published on Thursday, 03 Jan 2013

TweetRoach

Sebuah kecoak cyborg yang dapat dikendalikan dengan perintah kini tak lagi hanya dalam film fiksi G-Force, tapi sebuah kenyataan. Seorang seniman bernama Brittany Ransom telah menciptakan TweetRoach, sebuah kecoa cyborg yang dapat dikontrol melalui perintah di Twitter.

Brittany Ransom menciptakan TweetRoach, yakni kecoa cyborg yang dapat dikendalikan melalui perintah dari kicauan di Twitter. TweetRoach sendiri adalah seekor kecoa yang dilengkapi tas ransel off-the-shell Arduino seharga USD $100 yang digunakan untuk merangsang antena kecoa tersebut.

Tak hanya itu, Brittany Ransom telah merancang perangkat lunak khusus yang memungkinkan untuk memerintahkan kecoa cyborg TweetRoach untuk bergerak sesuai keinginan melalui perintah dari kicauan atau tweet di situs microblogging Twitter.

Untuk mengontrol atau memerintahkan kecoa cyborg Tweet Roach untuk bergerak, Brittany Ransom cukup login ke Twitter dan menggunakan hashtags #TweetRoachLeft atau #TweetRoachRight untuk memerintahkan kecoa cyborg ini bergerak ke kanan atau ke kiri.

Stimulasi TweetRoach ini ternyata tak menyakiti kecoa, karena kecoa hanya merasa itu menabrak sesuatu. Sesi dibatasi untuk jangka pendek dan, untuk menghindari kelebihan beban, hanya satu instruksi yang diizinkan untuk setiap 30 detik.

Melihat kemampuan serangga yang bagi sebagian orang menjijikkan ini, tak heran banyak pihak yang tertarik untuk melakukan penelitian untuk dapat mengendalikan kecoa dan serangga lainnya. Beberapa ilmuwan dan pihak militer juga dikabarkan tertarik mengembangkan penelitian serupa.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (02/01/2012), jika mereka berhasil membuat kecoa cyborg yang dapat dikendalikan menggunakan remote, tentu saja ini akan menjadi senjata spionase yang canggih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda