Scroll to Top

Tumblr Bakal Gantikan Istilah Blog?

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 03 Jan 2013

Tumblr

Kata Tumblr kini jadi lebih popular daripada blog di pencarian Google. Apakah Tumblr akan menggantikan istilah blog?

Tumblr mengungguli kata blog pada bulan Desember lalu. Ini kali pertama kalinya sejak media sosial ini dirilis pada Februari 2007.

Laura Olin, Direktur Media Soaial Outbound men-tweet kabar ini. Ia berkicau jika banyak orang lebih ‘tertarik’ dengan Tumblr daripada blog di Google.

https://twitter.com/lauraolin/statuses/286476306177204224

Menurut laman Google Trend, kata kunci blog dan Tumblr miliki tingkat penelusuran yang cukup berimbang pada bulan November 2012. Namun setelah memasuki bulan Desember, Tumblr terus merangkak naik meninggalkan blog.

Lebih celaka lagi, kata kunci blog telah turun drastis sejatinya sejak bulan Mei 2009. Bulan tersebut adalah kurun waktu yang sama untuk Twitter sebagai media sosial tertinggi nomor 3 berdasarkan kunjungan pengguna.

Bulan Juni 2009 laman The Guardian telah meramalkan akan ‘kematian’ blog. Kala itu Charles Arthur dalam sebuah artikel menulis bagaimana kelemahan dan kekurangan blog jika dibandingkan dengan media sosial lain sejenis.

“Menulis sebuah posting blog jauh lebih sulit daripada posting update status, membagikan tautan lucu ke seseorang, atau berkicau di Twitter. Orang masih membaca blog dan konten lainnya. Namun untuk penciptaan konten amatir, saya rasa kejayaan mereka telah berlalu,” tulisnya kala itu.

Bulan November 2012 Tumblr masuk 10 situs paling sering dikunjungi di dunia dengan audiens sekitar 170 juta orang per bulan. Situs ini juga mampu mengumpulkan sekitar 20 miliar tampilan laman per bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda