Scroll to Top

Kiat Hindari Kejahatan Saat Mudik Lebaran

By Ilham Choirul / Published on Friday, 19 Aug 2011

Padatnya orang yang mudik menjelang lebaran, menjadi lahan empuk bagi munculnya kejahatan. Sering terdengar kasus hipnotis dan pembiusan yang merugikan materi dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Korbannya rata-rata mereka yang pergi sendirian dan kurang waspada terhadap keamanannya.

Agar lebih aman dan nyaman, kiat yang diberikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Baharudin Djafar, berikut ini dapat membantu mencegah kejahatan yang bisa menimpa Anda selama dalam perjalanan mudik:

  • Jangan gampang percaya dengan orang yang baru pertama kali Anda kenal selama dalam perjalanan.
  • Sebaiknya bawa teman saat mudik yang bisa saling mengingatkan selama di perjalanan. Jangan lupa untuk selalu berdoa memohon keselamatan kepada Sang Kuasa.
  • Minuman atau makanan yang diberikan orang lain untuk Anda bisa jadi sudah diberi obat bius atau zat lainnya. Lebih baik tolak pemberian yang bersifat memasukkan sesuatu ke mulut.
  • Modus pembiusan yang biasa terjadi adalah pelakunya melakukan di tempat yang ramai. Awalnya Anda akan diajak mengobrol dengan pelaku. Di tengah obrolan, Anda ditawari minuman atau makanan yang diberi obat tidur. Setelah Anda tertidur, pelaku menggondol apa pun bawaan Anda yang bisa diraih.
  • Bila Anda melihat ada korban pembiusan, segera saja melapor ke posko keamanan terdekat agar korban dapat segera ditolong dan pelaku segera dikejar.

Selamat menempuh perjalanan mudik dan waspadalah terhadap kejahatan yang bisa mengintai setiap saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda