Share
Xperia Z n ZL
Xperia Z dan Xperia ZL

Sony akhirnya mengonfirmasi kehadiran smartphone flagship terbarunya, Xperia Z. Setelah beberapa waktu lalu muncul foto Xperia Z, kini muncul bocoran harga dari smartphone kelas teratas besutan Sony yang berasal dari SonyXP yang menyebutkan bahwa Xperia Z akan dijual dengan harga USD $655 atau sekitar Rp 6,3 jutaan.

Produsen asal Jepang ini memang merancang Xperia Z atau yang sebelumnya sering disebut dengan Sony Yuga C660 ini untuk bersaing dengan smartphone kelas atas seperti Samsung Galaxy S3 dan Apple iPhone 5. Fitur dan fasilitas yang dibenamkan pada Xperia Z ini tak main-main, Sony berusaha all-out.

Sony Xperia Z ini dibekali layar berukuran 5 inci resolusi HD 1080p atau 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan layar mencapai 443 ppi (pixel per inch). Layar Xperia Z ini mengusung teknologi OptiContrast yang sebelumnya telah diterapkan pada Xperia V.

Selama ini Sony memang belum pernah meluncurkan smartphone kelas atas dengan prosesor quad-core. Namun, untuk Xperia Z ini, Sony membekalinya dengan chipset Qualcomm Snapdragon S4 Pro APQ8064 quad-core yang dipadukan dengan grafis bertenaga dari Adreno 320.

Smartphone kelas teratas Sony ini dibekali kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel dan sebuah kamera depan. Sony Xperia Z ini juga dikabarkan akan dilengkapi kemampuan outdoor, seperti tahan debu, tahan benturan, dan tahan percikan air.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (03/01/2012), spesifikasi Xperia ZL juga dilaporkan muncul, yakni ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon MSM7227A dengan kecepatan 1GHz dan grafis dari Adreno 200. Secara umum, spesifikasinya tak jauh beda dengan Xperia J.

Kedua smartphone ini dikabarkan akan muncul diajang CES 2013 dan MWC 2013, serta mulai dipasarkan bulan Maret 2013.