Scroll to Top

Coklat Bisa untuk Obat Batuk

By Ilham Choirul / Published on Friday, 04 Jan 2013

makan coklat

Anda mengalami sakit batuk? Ternyata, coklat bisa dijadikan obat batuk yang efektif. Peneliti dari U.S. National Institute of Cardiology, Pulmonology and Hematology menemukan, ada kandungan dari  coklat  hitam yang berfungsi sebagai penyembuh batuk, yaitu theobromine. Dan, pasien batuk cukup mengonsumsinya layaknya makan coklat batang atau langsung dari biji kakao.

Seperti dikutip Genius Beauty, studi melibatkan 300 orang yang sedang mengalami batuk. Mereka  memiliki status sakit antara kronis dan akut. Kepada mereka, peneliti memberikan suplemen makanan yang mengandung theobromine.  Setiap dosis mengandung theobromine kurang lebih 1.000 miligram. Nilai ini setara dengan jumlah theobromine pada sebatang coklat hitam. Pemberian suplemen dilakukan dua kali sehari selama dua minggu.

Hasilnya, sebanyak 60 persen dari responden mengalami pengurangan sakit batuk secara signifikan. Gejala-gejala yang muncul menampakkan pengurangan dibanding ketika batuk masih akut atau kronis. Peneliti mengatakan, ini menjadi fakta bahwa theobromine memiliki efek terhadap efek sensorik secara spesifik yang kemudian mampu mengurangi keparahan sakit batuk.

Hanya saja, tidak disarankan mengobati batuk memakai coklat susu. Kandungan pada coklat susu justru lebih banyak isi susunya dibanding kakao-nya. Kandungan theobromine yang dimilikinya lebih sedikit. Lebih baik memilih coklat hitam yang punya kandungan kakao lebih dominan dalam campurannya.

Coklat kerap disebut “makanan dewa”. Di balik rasanya yang nikmat dan digemari banyak orang, coklat membawa beragam manfaat. Studi yang ada sebelumnya menjelaskan, coklat dapat memperbaiki mood, memberikan efek afrodisiak, menyehatkan jantung, mencegah stroke, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda