Scroll to Top

Liverpool: Demi Sturridge, Luis Suarez Bisa Ganti Posisi

By Wan Faizal / Published on Friday, 04 Jan 2013

Sturridge - Liverpool

Liverpool sudah mendatangkan satu pemain di bursa transfer musim dingin kali ini dalam diri Daniel Sturridge. Kedatangan eks pemain Chelsea itu di satu sisi bisa mengatasi masalah di lini depan The Reds. Namun di sisi lain, manajer Brendan Rodgers mungkin harus mengubah posisi main Luis Suarez selama ini demi mengakomodasi kemampuan Sturridge.

Datangnya Sturridge memang bisa membantu Rodgers dalam meramu strategi bagi lini depan Liverpool yang selama ini terlalu bergantung pada Suarez dan Raheem Sterling. Sementara Fabio Borini masih tak kunjung pulih dari cederanya.

Akan tetapi, posisi Suarez yang mapan sebagai striker tunggal menjadi terancam setelah Rodgers menilai bahwa potensi Sturridge akan keluar secara maksimal andai ia dimainkan di posisi Suarez. Itu berarti, wacana untuk mengubah posisi main Suarez pun mengapung.

“Posisi terbaik Daniel adalah sebagai striker tengah. Kami akan tetap menggunakan strategi 4-3-3 karena sumber daya pemain kami mendukung untuk menerapkan pakem tersebut. Kami bisa memainkan satu striker yang didukung dua winger. Posisi satu striker tersebut bisa dimainkan Luis atau Daniel,” ujar Rodgers.

“Prinsip dasar dalam penyusunan strategi adalah berdasar pemain yang kamu punya. Saya pikir Daniel akan bagus main sebagai striker tunggal dengan kecepatan yang ia miliki. Untuk kebaikan tim, mungkin Suarez akan mengalami perubahan posisi.”

Bukan tanpa dasar Rodgers berkata demikian. Ia melihat Suarez juga memiliki bakat sebagai pengatur serangan dan juga sebagai winger, seperti yang pernah ia lakoni saat di Ajax Amsterdam.

“Kami membutuhkan mereka berdua. Saya telah membicarakan semuanya dengan Luis, bahkan dalam beberapa bulan terakhir. Ketika ia bermain bagi Ajax, ia pernah bermain sebagai ‘pemain nomor 10’. Beberapa kali juga ia pernah bermain di posisi sayap kiri.”

“Dimanapun Luis bermain, ia akan tetap berbahaya. Ia tetap bisa membuka ruang dan punya banyak kesempatan karena ia adalah seorang pemain top.”

Sepanjang musim ini, Suarez telah mencetak total 15 gol di Premier League dengan bermain di posisi striker tunggal. Ia hanya kalah satu gol dari top skor sementara, Robin van Persie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda