Scroll to Top

Aneka Rujak Asli Indonesia

By Ilham Choirul / Published on Friday, 04 Jan 2013

Rujak

Salah satu kenaekaragaman kuliner di Indonesia adalah rujak. Selintas nama rujak mengacu pada kumpulan potongan buah-buahan yang ditambahkan kuah encer sebagai pelengkap.  Ternyata, rujak di Indonesia punya beragam bentuk. Rujak itu sendiri juga tidak melulu mengacu pada makanan yang berisi buah-buahan. Berikut ini enam jenis rujak yang ada di negeri ini:

  1. Rujak cingur. Nama rujak ini cukup terkenal. Rujak yang banyak ditemukan di Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya tersebut, memanfaatkan irisan mulut sapi sebagai salah satu isinya. Selain itu, ditambahkan pula buah-buahan segar, lontong, tahu, tempe, kangkung, kacang panjang, dan kecambah. Setelah itu diberikan bumbu dari petis udang, gula erah, dan sebagainya, lalu dicampurkan pada isi rujak.
  2. Rujak madura. Dalam seporsi rujak madura mirip seperti rujak cingur namun  ditambah singkong rebus dan rumput laut. Pelengkapnya adalah petis ikan dan keripik tenggeng khas dari Madura.
  3. Rujak soto. Rujak satu ini asalnya dari Banyuwangi. Isi rujak terdiri dari tahu, tempe, dan kacang panjang rebus, kangkung, dan toge. Pelengkapnya adalah kuah soto babat dan dicampur pula dengan petis. Dominasi rasanya adalah asin dan pedas.
  4. Rujak pindang. Kalau berkunjung ke Bali jangan lewatkan menyantap rujak pindang. Bedanya dengan kebanyakan rujak, terletak pada sambal atau kuah yang dipakai. Pada rujak ini bukan sambal yang dijadikan pelengkap, melainkan ditambahkan kuah pindang ikan. Rasanya mungkin asin. Tapi, untuk yang suka rasa manis bisa ditambahkan gula merah.
  5. Rujak es krim. Penjual rujak es krim cukup marak di berbagai sudut Kota Yogyakarta. Penjual akan menyerut buah-buahan, memberinya sambal, dan menambahkan satu atau dua sendok es krim puter. Sambal rujak tidak terlalu pekat. Kehadiran es krim menambah segar rasa rujak.
  6. Rujak tahu. Rujak banyak ditemui di daerah Palembang. Isi rujak terdiri dari soun, tahu, mie, timun, dan kecambah. Sebagai pelengkapnya, isian tadi diberi kuah gula. Tidak lupa, sebagai penambah kenikmatan ditaburi bawang goreng dan udang kering (ebi). Menu rujak tahu tidak memakai buah-buahan dalam penyajiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda