Scroll to Top

Tips FB: Tetap Aman dan Nyaman Saat Berjejaring Sosial

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 05 Jan 2013

Facebook iPad

Facebook adalah tempat yang tepat untuk terhubung dengan teman dan kerabat. Namun jika Anda terhubung dengan cara, situasi, dan kondisi yang tidak tepat, akan berujung masalah. Dan berikut 7 tips FB tetap aman dan nyaman saat berjejaring sosial.

1. Perkuat kata sandi

Ini hal wajib yang harus Anda lakukan. Kata sandi atau password tak harus kuat namun juga rumit: rumit diterka, rumit diprediksi, dan bila perlu rumit dihapalkan. Kata sandi yang baik mengandung 3 unsur kombinasi: huruf (termasuk besar dan kecil), angka, dan simbol. Misalkan saja kata sandi: ‘1!al87%0#oP?’.

2. Berbagi hanya pada teman

Cek pengaturan privasi dan pastikan Anda berbagi hanya pada teman. Dan setting profil Anda hanya bisa diintip oleh teman. Jangan dibuat publik. Saat berbagi apapun, baik itu teks, foto, video, tautan, catatan, event, lokasi, dan lainnya, kembali, hanya bagikan ke teman jangan publik.

3. Selektif

Jangan asal dalam menerima teman. Jangan asal pula nge-add orang baru dilihat dari foto profilnya yang menawan. Jangan asal pula menerima permintaan teman. Selektif itu kuncinya. Jika ingin mencari teman SD, SMP, SMA, atau TK sekalipun, perhatikan dengan benar data diri teman Anda. Lakukan verifikasi. Misalkan saja dengan melihat dengan seksama fotonya atau mengirimkan pesan (inbox) untuk menanyakan sebelum memutuskan untuk menambah sebagai teman.

4. Matikan lokasi

Narsis boleh saja. Namun jangan berlebih. Untuk lokasi, sebaiknya dimatikan. Maksud dimatikan ini termasuk jangan berbagi lokasi sekalipun. Tak ada alasan masuk akal mengapa pengguna rela lokasinya diketahui. Kecuali untuk event tertentu yang memang membutuhkan publish lokasi.

5. Jaga tutur tulisan

Di Facebook Anda bisa bertemu siapa saja. Teman, kerabat, bos, atasan, bawahan, mertua, adik ipar, dan siapapun. Satu hal yang harus diperhatikan tatkala berinteraksi di Facebook adalah menjaga tata dan tutur tulisan. Ingat, berinteraksi di Facebook sama seperti halnya berinteraksi di dunia nyata. Bedanya Anda tidak face to face ketemu langsung.

6. Hindari pertengkaran

Berantem di Facebook? Hanya satu istilah yang pas untuk itu: konyol! Hanya orang tolol yang sampai terlibat perang mulut, perkelahian, cek cok, perang status, saling menyindir, atau konflik apapun itu di Facebook. Jangan sampai hal itu terjadi. Sangat memalukan jika banyak orang mengetahui tabiat Anda di jejaring sosial popular ini.

7. Jangan asal klak-klik

Boleh nge-klik asalkan memenuhi dua unsur: dari sumber yang terpercaya dan yakin dari diri Anda sendiri. Ribuan kasus muncul dari potensi klik ngasal. Mulai malware, virus (komputer), hingga penipuan. Jika mendapati link dari sumber yang asing, tak dikenal, bukan teman Anda, jangan diklik. Bila perlu blokir pengguna tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda