Scroll to Top

6 Masalah Umum pada Kaki

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 05 Jan 2013

kaki wanita

Masalah pada kaki tidak bisa diremehkan. Jika kaki sudah mengalami infeksi atau kelainan yang lain, sakitnya bisa cukup menyiksa. Penyebabnya mulai dari pemakaian sepatu yang salah hingga hadirnya jamur. Dan, berikut ini enam masalah yang sering menyerang pada kaki:

  1. Kapalan. Memakai sepatu yang kurang nyaman bisa menyebabkan mengerasnya kulit di area kaki. Bisa jadi, penyebabny adalah septu yang sempit atau hak yang terlalu tinggi. Untuk mencegahnya, pakai sepatu yang longgar dan jauhi sepatu berhak tinggi. Pakai sol yang bisa memberikan Anda keseimbangan lebih baik saat berjalan. Kulit yang mengeras tersebut bisa Anda hilangkan dengan menggosoknya memakai batu apung.
  2. Bunions. Masalah ini terjadi ketika terjadi pembengkakan di dasar jempol kaki akibat terlalu sempitnya sepatu di bagian ujungnya. Jika pembengkakan cukup parah, kemungkinan bisa dilakukan tindakan bedah.Pakailah sepatu yang tidak terlalu menekan dasar jempol kaki dan pastikan ada jarak antara ujung sepatu dengan jari-jari kaki.
  3. Verrucas.  Verrucas adalah kutil yang muncul karena infeksi virus yang menyerang telapak kaki atau di antara jari-jari kaki. Tanda awal berupa munculnya warna kemarahan kecil di  daerah yang terinfeksi dengan disertai titik-titik hitam. Vercuccas dapat berkembang lebih luas dan saat membesar berwarna coklat dengan kulit terasa keras. Untuk mencegahnya, gunakan sandal jepit saat berada di daerah berair.
  4. Infeksi jamur kronis. Infeksi ini menyebabkan rasa sakit, gatal pada kulit di antara antara jari kaki, yang kemudian retak dan mengelupas. Bau kaki menjadi kurang enak dan jika menginfeksi kuku dapat membuat warnanya coklat.
  5. Telapak kaki rata. Kaki tidak lagi kelihatan lengkungannya. Pada pemilik kaki rata dapat mengalami nyeri, sakit pada kaki, dan sakit betis. Anda bisa memakai sol tambahan khusus untuk mengatasi hal ini. Hindari memakai sepatu hak tinggi sebab membuat pergelangan kaki tidak bisa menekuk dengan baik.
  6. Kuku tumbuh di dalam kaki. Dalam bahasa awam sering disebut dengan “cantangan”. Penyebabnya adalah ada bagian kuku yang tumbuhnya melebar di dalam jari kaki. Biasanya yang kena masalah ini adalah jempol kaki. Efeknya adalah terjadi infeksi. Gunakan air asin untuk mencegah infeksi dan mengurangi pembengkakan. Jika memotong kuku kaki, hindari memangkas terlalu pendek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda