Share

Hasil pertandingan Indonesian Super League (ISL) Sabtu 5 Januari 2013 antara Sriwijaya FC vs Persiba Balikpapan, berakhir imbang 1-1. Sempat tertinggal 1 gol di babak pertama, Sriwijaya FC mampu menyamakan kedudukan di babak kedua.

Di babak pertama, Sriwijaya FC sebenarnya  tampil lebih dominan. Namun keasyikan menyerang, Sriwijaya FC kecolongan 1 gol pada menit ke-18 lewat sebuah serangan balik cepat Persiba.

Bola lambung dari lini belakang Persiba, gagal diantisipasi Imanuel Padwa yang ditekan oleh Mahmoud El Ali.

Peluang itu langsung dituntaskan penyerang Timnas Lebanon itu dengan bola lob cantik, melewati Ferry Rotinsulu yang sudah bergerak maju dari gawangnya.

Tertinggal 1 gol, Sriwijaya FC melakukan tekanan melalui Tantan. Tantan punya peluang menyamakan kedudukan saat mendapatkan ruang di sisi kanan kotak penalti Persiba.

Sayang sepakannya pemain yang juga dipanggil Timnas Indonesia PSSI ini, masih membentur mistar gawang Persiba.

Di penghujung babak pertama, Wawan Hendrawan tampil luar biasa di bawah mistar gawang Persiba Balikpapan.

Sontekan Boakay Edu Foday di mulut gawang dan tandukan bebas Sultan Samma berhasil dimentahkan, sekaligus menutup babak pertama dengan skor 1-0 untuk Persiba.

Di babak kedua, Sriwijaya FC akhirnya mampu membuat kedudukan imbang 1-1 pada menit ke-74. Tendangan voli Fandy Mochtar, berhasil merobek jala Persiba.

Pertandingan sempat terhenti di menit ke-78, ketika wasit Aeng Suharlan membuat keputusan yang sangat kontroversial.

Skema serangan balik lewat bola panjang, membuat Ferry Rotinsulu salah mengantisipasi bola dan menepis umpan lambung dengan tangannya di luar kotak pinalti.

Sangat beruntung Ferry hanya dapat kartu kuning. Padahal jika itu dilakukan pada ajang internasional, bukan mustahil Ferry Rotinsulu akan menerima kartu merah.

Hingga 90 menit dan tambahan waktu berakhir, skor imbang 1-1 tetap bertahan menutup laga malam hari ini.

Dengan hasil ini, dua pertandingan pada hari Sabtu ini memperoleh hasil yang sama. Sebelumnya Pelita Bandung Raya dan Barito Putera juga meraih hasil imbang 1-1.

Susunan Pemain

  • Sriwijaya FC: Ferry Rotinsulu; Taufik Kasrun, Diogo Santos, Ahmad Jufrianto, Mahyadi Pangabean; Imanuel Padwa, Ali Khadafi, Boakay Edy Foday; Sultan Samma, M Fachrudin, Tantan.
  • Persiba Balikpapan: Wawan Hendrawan; Precious, Absor Fauzi, Yus Arfandi, Roy Budiansyah; Alfian Habibi, Patrice Nzekou, Zulfin Zamrun, Frengky Turnando; Diego Santos, Mahmoud El Ali.