Scroll to Top

Levante vs Athletic Bilbao 3-1: Hasil Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 06 Jan 2013

Levante vs Athletic Bilbao 3-1 Hasil Liga Spanyol

Levante menunjukkan mental juara dan kekuatan mereka dalam lanjutan pertandingan La Liga pekan ke-18. Sempat tertinggal 0-1 terlebih dahulu via gol Aritz Aduriz di menit-menit awal, pasukan Juan Ignacio Martinez sukses meraih hasil pertandingan Levante vs Athletic Bilbao skor 3-1. Adalah Christian Lell, Victor Iborra, dan Nabil El Zhar yang menjadi pahlawan kubu Ciutat de Valencia sekaligus pembalik skor Athletic Bilbao vs Levante. Hasil Liga Spanyol ini semakin mengamankan Los Granotas di peringkat enam dan membuka peluang mereka untuk berlaga di Liga Champion.

http://www.youtube.com/watch?v=ofJd_nUrZwY

Lupakan tahun-tahun ketika Levante harus merangkak hanya demi bertahan di Liga Spanyol. Dalam dua musim terakhir mereka menunjukkan masa-masa emas, termasuk yang dipertunjukkan dalam pertandingan Levante vs Bilbao. Kartu merah Aymeric Laporte dan kemampuan mereka unggul 2-1 sebelum turun minum membuat semua orang bisa berkata, kejutan Los Granotas musim lalu bukan kebetulan.

Segalanya berjalan di luar rencana. Menit 6, Aritz Aduriz menambah pundi golnya ke angka 11 lewat tandukan cantik memanfaatkan umpan silang tak kalah apik dari Andoni Iraola.

Setelah sempat frustrasi menghadapi peragaan Athletic yang unggul dalam ball possessions, Levante menyamakan kedudukan selang 19 menit. Adalah Christian Lell yang melakukannya.

Lewat serangan balik khas Los Granotas, Papakouli Diop melihat pergerakan Nabil El Zhar, mengirimkan umpan, yang dilanjutkan dengan terobosan pemain Maroko kepada Lell yang menghajar bola dari sisi kiri kotak penalti Bilbao. Gorka Iraizoz tak bisa menahan bola kencang tembakan bek kanan asal Jerman.

Menit 43, petaka untuk tim tamu terjadi. Roger Marti yang sudah sendirian, dilanggar oleh Aymeric Laporte. Wasit Jose Paradas Romero mengirimkan kartu merah langsung kepada bek Prancis dan seketika itu pula Levante meraih keunggulan dengan pemain yang lebih banyak.

Selang dua menit sejak pengusiran Laporte, Victor Iborra mengoyak gawang tim tamu. Kerjasama Sergio Ballesteros dan David Navarro tidak bisa tidak, diselesaikan oleh Si Nomor 10 yang demikian dekat dengan gawang.

Seperti yang sudah-sudah, Bilbao berprinsip, semakin banyak menguasai bola, semakin banyak peluang menang. Tapi, dengan kekalahan demi kekalahan yang tercipta, prinsip ini jelas tak bekerja. Memperkuat pertahanan dengan mencopot Iker Muniain untuk hadirnya Fernando Amorebieta, Athletic terkoyak di menit 69.

Dengan cara berkelas. Umpan Michel kepada Nabil El Zhar yang berada di titik dekat kotak penalti, disambut pemain nomor 8 dengan tembakan keras yang melesak ke sudut gawang Gorka Iraizoz.

Upaya Marcelo Bielsa menghadirkan Fernando Llorente sejak menit 75 tak cukup menggedor lini belakang Los Granotas. Levante juga tak lagi berminat kecuali mengamankan skor. Dan menanglah tuan rumah yang kali ini tak diperkuat penyerang andalan mereka, Obafemi Martins. Athletic, terjerembab di peringkat 13.

Levante (4-2-3-1): Munúa, Lell, Ballesteros, David Navarro, Juanfran (Nikos ’68), Diop, Iborra (Juanlu ’83), El Zhar, Míchel, Rubén y Roger (Ángel ’72).

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Iraizoz, Iraola, Ekiza, Laporte, De Marcos, Gurpegui, Herrera, Susaeta, Muniaín (Amorebieta ’45), Ibai (Igor Martínez ’64) y Aduriz (Llorente ’76).

Gol: 0-1 Aritz Aduriz ‘6; 1-1 Christian Lell ’26, 2-1, Victor Iborra ’45; 3-1 Nabil El Zhar ’69

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda