Prediksi Barcelona vs Espanyol Senin, 7 Januari 2013

Barcelona akan kembali diuji ketangguhannya dalam lanjutan Liga Spanyol pekan ke-18. Kali ini giliran Espanyol dalam Derbi Barceloni yang akan melawat ke Camp Nou pada Senin, 7 Januari 2013 pukul 01.00 WIB. Dengan perbedaan 17 peringkat —Barca pemuncak klasemen dan Espanyol ada di posisi 18– sesaat Lionel Messi dkk. akan menang mudah dalam laga kali ini. Namun, Espanyol yang tengah bangkit bisa menjadi penggulung pertama Barcelona di La Liga.

Barca memperoleh kabar baik jelang Derby Catalan melawan Espanyol. Tito Vilanova dinyatakan siap kembali mendampingi anak asuhnya. Sang asisten, Jordi Roura sendiri yang menyatakan dalam jumpa pers. Ini akan menjadi motivasi khusus bagi punggawa Blaugrana untuk mempersembahkan kemenangan spesial kepada Tito. Naga-naganya, jumlah gol Lionel Messi yang mencapai 27 angka dalam 17 laga, siap bertambah lagi.

Bicara cedera, Barca tengah berbahagia. Skuad mereka kini sudah lengkap. Mulai dari Adriano, Ces Fabregas, Alex Song, Isaac Cuenda, dan Eric Abidal sudah siap tempur. Sebaliknya, Espanyol masih kehilangan Cristian Alvarez yang cedera hamstring.

Satu yang perlu diwaspadai dari kubu Cornella El-Prat adalah, hasil pertandingan mereka. Javier Aguirre terbukti mampu memberikan kekuatan lebih bagi tim. Empat laga terakhir mereka tak kalah. Bahkan mampu menahan imbang Real Madrid 2-2 di Santiago Bernabeu.

Bicara rekor pertemuan, Barcelona memang unggul. Kita masih ingat dengan musim lalu, ketika di Camp Nou, empat gol Lionel Messi menerjang tim tamu. Tapi, kebiasaan lini belakang Barca yang lengah bisa jadi suatu saat nanti mendatangkan bencana.

Lima Pertemuan Terakhir

  • 5 Mei 2012     Barcelona vs Espanyol 4-0
  • 8 Januari 2012     Espanyol vs Barcelona 1-1
  • 8 Mei 2011     FC Barcelona vs Espanyol 2-0
  • 18 Desember 2010     Espanyol vs Barcelona 1-5
  • 17 April 2010     Espanyol vs Barcelona 0-0

 

Perkiraan Susunan Formasi

  • Barcelona (4-3-3): Valdes; Alves, Pique, Puyol, Alba; Xavi, Busquets, Fabregas; Pedro, Messi, Iniesta
  • Espanyol (4-2-3-1): Casillas; Lopez, Colotto, Moreno, Capdevila; Sanchez, Forlin; Mubarak, Verdu, Simao; Garcia

Prediksi Sidomi: 60-40