Scroll to Top

PSSI Sesalkan Keputusan Pemerintah

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 06 Jan 2013

PSSI menyayangkan sikap mendua dan tidak tegas pemerintah terkait keputusan pemerintah melalui Kemenpora yang memberikan rekomendasi kepada liga di luar yuridiksi PSSI.

Seperti yang diketahui bahwa pemerintah telah memberikan rekomendasi untuk gelaran Indonesian Super League (ISL), Sabtu (5/1/13) kemarin.

Dalam situs resminya, PSSI beranggapan bahwa pemerintah tidak belajar dari pengalaman Piala AFF dimana pemain-pemain tidak dilepas untuk timnas.

Menurut PSSI, Pemerintah juga telah mengabaikan surat FIFA tanggal 26 November 2012 yang mengingatkan bahwa PSSI adalah federasi yang sah dalam menata dan mensupervisi sepakbola di Indonesia

Seperti disebutkan dalam Statuta FIFA pasal 10 dan 13 dan anggota PSSI, meski dalam status terhukum harus tunduk pada federasi sesuai pasal 18.

Keputusan ini menunjukkan pemerintah membiarkan liga di luar federasi resmi melanjutkan kegiatan, meski tidak diakui federasi resmi dan otoritas sepakbola di tingkat ASEAN (AFF), ASIA (AFC) dan dunia (FIFA).

“Pemerintah secara jelas mengajarkan pelanggaran Statuta dan kalau perlu pemerintah akan melindungi pelanggaran tersebut” demikian keterangan situs resmi PSSI.

Bagi PSSI, ini merupakan keputusan yang tidak mendidik dan tidak sportif di bidang olahraga nasional.

Seperti yang diketahui bahwa kompetisi Indonesian Super League (ISL), telah resmi digelar pada Sabtu 5 Januari 2013.

Dalam dua pertandingan yang telah digelar, semua berakhir imbang 1-1. Sriwijaya FC ditahan Persiba Balikpapan, sementara Barito Putra sukses menahan tuan rumah PBR.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda