Scroll to Top

Google Tak Lagi Blokir Akses Google Maps Melalui Windows Phone

By Ditya / Published on Sunday, 06 Jan 2013

Google Maps Windows Phone

Ketika pengguna Windows Phone mengeluh mengalami kesulitan untuk mengakses layanan Google Maps, muncul spakulasi bahwa Google memblokir layanan Google Maps agar tak bisa diakses dari Windows Phone. Raksasa mesin pencari ini mengatakan bahwa pihaknya kini tak lagi memblokir layanan Google Maps dari Windows Phone.

Google berdalih bahwa sulitnya akses pengguna Windows Phone pada layanan Google Maps ini karena Google sedang memastikan pengalaman pengguna yang baik dan hukan karena ada unsur kesengajaan, karena Microsoft adalah salah satu pesaing kuat Google.

Masalah pemblokiran akses ke layanan Google Maps ini menjadi sorotan banyak pihak. Hal ini bukan karena buruknya kemampuan browser Internet Explorer versi mobile yang terdapat pada Windows Phone, melainkan bersumber dari Google yang merupakan pembesut layanan Google Maps.

Beberapa pihak menyayangkan kebijakan Google untuk memblokir layanan Google Maps di Windows Phone dan menyebut hal ini bukanlah ‘gaya’ Google, tapi lebih mirip dengan ulah Microsoft di masa lalu.

“Kami secara berkala menguji kompatibilitas Google Maps dengan browser mobile untuk memastikan layanan kami memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna. Dalam tes terakhir kami, IE mobile masih tidak menawarkan pengalaman peta yang baik dengan tidak ada kemampuan untuk melakukan fungsi peta dasar.”

“Sebagai hasilnya, kami memilih untuk terus mengarahkan pengguna ponsel IE ke Google.com di mana mereka bisa setidaknya membuat pencarian lokal. Browser Firefox Mobile menawarkan kemampuan yang lebih baik, oleh karena itu tidak ada redirect di browser Firefox Mobile,” pernyataan Google.

Seperti yang dilansir dari CNET (05/01/2013), Google dikabarkan terus melakukan uji kompatibilitas layanan Google Maps di browser Internet Explorer Mobile yang terdapat pada sistem operasi Windows Phone 8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda