Scroll to Top

Barcelona vs Espanyol 4-0: Lionel Messi Satu Gol

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 07 Jan 2013

Barcelona vs Espanyol 4-0

Barcelona sukses mempertahankan jarak 16 angka dari Real Madrid setelah memenangi Derbi Catalan. Bermain di kandang sendiri, Camp Nou, pada Senin, 7 Januari 2012, pasukan Tito Vilanova meraih kemeangan ke-17 mereka dari 18 pertandingan lewat hasil pertandingan Barcelona vs Espanyol skor 4-0. Xavi Hernandez, Pedro Rodriguez (2 gol), dan Lionel Messi menjadi pencetak skor Barca vs Espanyol. Hasil Liga Spanyol ini memperkokoh posisi Blaugrana di klasemen dengan status tak terkalahkan.

Siapa yang bisa mengalahkan Barcelona? Hingga pekan ke-18 La Liga hal ini belum terjawab. Mereka menang dan menang lagi. Bahkan di pertandingan pembuka tahun 2013 atau bergelut di Derbi Barceloni, Blaugrana cuma membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk memaastikan tiga angka.

Los Pericos, sudah terkoyak di menit 10. Duo motor lini tengah pasukan Camp Nou beraksi untuk memberikan kado kepada Tito Vilanova yang hadir kembali di lapangan. Andres Iniesta menyodorkan assist kepada Xavi Hernandez demi menaklukkan Kiko Casilla. Umpan silang Don Andres tinggal diteruskan Master Xavi yang tak terkawal.

Bencana untuk Espanyol berlanjut selang lima menit. Kali ini giliran Pedro Rodriguez yang melakukannya. Lewat penetrasi yang agak mirip dengan gol pertama. Menggempur sisi kanan kotak penalti lawan, Cesc Fabregas meliuk-liuk untuk melewati Javi Lopez, memberikan kepada Lionel Messi yang kemudian mengarahkan bola pada Pedro yang tak melakukan kesalahan untuk menggandakan keunggulan.

Pedrito kembali beraksi selang 12 menit. Umpan terobosan Sergio Busquets yang membelah lapangan, diselesaikannya dengan sempurna. Dan tidak ada yang lebih menyenangkan Camp Nou daripada melihat Lionel Messi mencetak gol. Sepakan penaltinya di menit 29 menyusul pelanggaran Kiko Casilla terhadap Fabregas di areal terlarang membuat pertandingan berakhir bahkan sebelum setengah jam.

Unggul telak, Barcelona menurunkan gas. Tapi, bukan berarti tak mendominasi keadaan. Seperti biasa, ball possessions menjadi milik pasukan Camp Nou. Dan, babak kedua diwarnai dengan dua gol anyar Barca. Yang semuanya tidak disahkan wasit karena off side.

Skor nyaris membesar ketika tendangan bebas Lionel Messi di menit 82 membentur mistar gawang. Segala upaya Espanyol untuk memperkecil kekalahan tak mampu dilakukan dan skor serupa dengan apa yang terjadi tahun lalu, tergambar di Camp Nou lagi.

Kemenangan ini membuat Barca terus unggul 16 angka dari Real Madrid. Yang, di luar dugaan butuh kerja ekstra keras untuk menaklukkan Real Sociedad 4-3. Sekaligus memperkuat label mereka, sebagai satu-satunya tim yang tak tersentuh kekalahan hingga nyaris separuh kompetisi.

Barcelona (4-3-3): Valdés; Alves, Piqué, Puyol, Alba, Xavi (Thiago ’63), Sergio Busquets, Cesc (Villa ’65), Pedro (Alexis ’75), Messi, Iniesta.

Espanyol (4-2-3-1): Casilla; Javi López, Colotto, Héctor Moreno, Capdevila, Forlín, Baena (Cristian Alfonso ’60), Víctor Sánchez, Verdú (Stuani ’64), Simao (Albín ’77), Sergio García.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda