Scroll to Top

Rumor Julian Assange Telah Tertangkap di London Cuma Hoax

By Ibnu Azis / Published on Monday, 07 Jan 2013

Julian Assange

Tersiar rumor jika pendiri Wikileaks Julian Assange telah tertangkap di London. Namun setelah dilakukan investigasi mendalam, laman Naked Security memastikan jika kabar tersebut cuma bualan belaka alias hoax.

Julian Assange terkatung-katung tersandera menghadapi dakwaan hukuman yang dituduhkan kepadanya. Ia terancam diekstradisi ke Swedia. Jika hal ini terjadi maka ia akan semakin dekat dengan pemerintah Amerika Serikat.

Akhirnya Julian Assange mendapat perlindungan oleh pemerinta Ekuador. Ia mendapat suaka di Kedutaan Ekuador di London pada 19 Juni 2012. Meski Kepolisian Metropolitan London bersikeras menangkapnya, namun Kedutaan Ekuador melarang mereka masuk sebab tak memiliki yuridikasi hukum melintasi wilayah Ekuador tanpa izin.

Pertanyaanya sekarang sampai kapan Julian Assange harus ‘bertapa’ di Kedutaan Ekuador. Apakah hingga akhir hayatnya? Bulan November lalu Daily Mail menulis jika Julian Assange sempat sakit dan harus dilarikan ke Rumah Sakit London terdekat.

Tak beberapa lama kemudia muncul sebuah kontroversi yang menjamur di artikel media di Inggris Indymedia UK jika pendiri Wikileaks ini telah ditangkap saat berobat ke klinik medis swasta yang terletak hanya lima menit berkendara dari Kedutaan Ekuador.

“Sumber yang dekat dengan wartawan telah menegaskan bahwa pendiri Wikileaks dan buronan internasional Julian Assange telah ditangkap oleh Scotland Yard di sebuah klinik medis swasta yang terletak hanya lima menit berkendara dari Kedutaan Ekuador di Hans Crescent, London. Hal ini diyakini bahwa Assange telah merasa tidak sehat sejak sebelum Natal,” tulis artikel tersebut.

Sementara itu Christine Assange ibu dari Julian Assange menegaskan di Twitter jika anaknya tidak ditangkap. Ia meminta kabar ini disebarluaskan dan tidak menjadi rumor hoax murahan.

https://twitter.com/AssangeC/status/287514279433863168

Laman Naked Security menganggap jika kabar yang diberitakan Indymedia UK tidak benar. Mereka melakukan investigasi dan didasarkan pada kriteria-kriteria tertentu dan memutuskan jika rumor tersebut adalah hoax.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda