Scroll to Top

Iran Kembangkan Software untuk Kontrol Jejaring Sosial

By Ibnu Azis / Published on Monday, 07 Jan 2013

Internet Blokir

Iran dikabarkan tengah mengembangkan sebuah software untuk mengontrol jejaring sosial di negara tersebut. Mereka menyebutnya dengan nama ‘intelligent software’.

Sebelumnya Iran membuat situs yang meyerupai Youtube. Mudah diterka alasan mengapa pemerintah meluncurkan situs tersebut.

Kini dengan ‘perangkat lunak cerdasnya’ pemerintah Iran seakan ingin semakin mengekang, atau lebih tepatnya mengendalikan dan membatasi segala akses jejaring sosial yang ada.

“Kontrol cerdas jejaring sosial tak akan menghindari kerugian mereka namun juga akan memungkinkan orang mendapatkan keuntungan dari aspek manfaatnya,” ujar Ahmadi moghadam Esmaeil, Kepala Kepolisian Iran pada media lokal 7Sobh.

Ia melanjutkan jika ‘perangkat lunak cerdas’ ini nantinya akan lebih baik dan lebih efektif dari filter penyaringan yang ada. Namun untuk apa membuat perangkat ini jika akses media sosial telah diblokir?

Akses jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter telah diblokir oleh pemerintah Iran. Mereka menganggap jika media sosial ini mengandung konten ‘tak pantas’ di internet. Setelah memblokir akses Google dan Youtube pada bulan September 2012 lalu, kemudian mereka merilis Youtube versi Iran sendiri.

Iran beberapa kali memotong akses internet di wilayahnya tahun lalu. Banyak netizen Iran yang menggunakan server proxy melalu jaringan private virtual untuk menghindari pembatasan pemerintah.

Negeri ini mengembangkan intranet nasional dalam upaya untuk menciptakan sebuah ‘internet bersih’. Semua kantor dan instasi pemerintah telah terhubung dengan ‘jaringan informasi nasional’ dan menghubungkan warga dengan jaringan adalah next goal yang mereka harapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda