Scroll to Top

Windows 8 akan Menjadi Target Utama Serangan Malware, Menurut McAfee

By Ditya / Published on Monday, 07 Jan 2013

Windows 8

Windows 8 akan menjadi target utama serangan malware seiring meningkatnya jumlah pengguna sistem operasi terbaru besutan Microsoft tersebut. Hal ini dikatakan oleh perusahaan keamanan dan antivirus McAfee. Sistem operasi Windows 8 harus mempersiapkan diri dengan meningkatakan keamanan.

Saat ini pengguna Windows 8 masih sangat kecil, bahkan pangsa pasar yang dikuasai hanya sekitar 1,77% dari seluruh pengguna komputer desktop. Namun, ketika Windows 8 mulai populer menggantikan Windows 7, maka sistem operasi ini akan menjadi target utama serangan malware.

McAfee mengatakan karena penjahat cyber akan memilih platform yang berpotensi menghasilkan uang. Perusahaan keamanan ini juga menambahkan bahwa saat ini malware semakin canggih, bahkan malware yang dibuat secara spesifik untuk Windows 8 lebih banyak dari Windows 7.

“Sekarang pasar underground untuk malware attack kit akan jauh lebih kompetitif dari tiga tahun yang lalu, ada kemungkinan bahwa malware spesifik untuk Windows 8 akan tersedia lebih cepat daripada kemunculan malware spesifik untuk Windows 7,” kata McAfee

Perusahaan keamanan yang didirikan oleh John McAfee ini memprediksi bahwa tahun 2013 ini malware berjenis ransomware akan kembali muncul, botnet akan menyerang platform mobile.

Ransomware sendiri adalah sebuah malware yang bekerja dengan menyandera data pengguna dan meminta uang dari pengguna agar data yang ditahan ransomware dapat dikembalikan kepada pengguna dengan selamat. Adapun ransomware yang mulai menyebar melalui Skype IM.

“Sementara kita tidak tahu pasti apakah serangan tertentu akan berkembang di tahun mendatang, kita tahu bahwa ada berbagai macam ancaman yang dapat membuat perangkat Anda berisiko,” tambah McAfee.

Seperti yang dilansirvdari TomsHardware (06/01/2013), pengguna Windows 8 harus waspada dan meningkatkan keamanan sistem nya dengan rajin meng-update Windows Defender, sistem operasi Windows, dan tentu saja update antivirus secara regular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda