Scroll to Top

Nvidia Tegra 4 Diperkenalkan di CES 2013, Prosesor Mobile Tercepat di Dunia

By Ditya / Published on Monday, 07 Jan 2013

Nvidia tegra 4

Nvidia akhirnya memperkenalkan chipset terbarunya, yakni Tegra 4 di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2013. Nvidia mengklaim bahwa Tegra 4 adalah prosesor mobile tercepat saat ini yang dilengkapi grafis GeForce ULP yang dibekali dengan 72 core.

Sesuai dengan kabar sebelumnya yang menyebutkan bahwa Nvidia Tegra 4 akan mengusung 72 core grafis GeForce ULP ini diklaim Nvidia sebagai prosesor perangkat mobile yang meliputi tablet dan smartphone tercepat di dunia saat ini.

Klaim Nvidia sebagai prosesor mobile tercepat di dunia ini memang belum dibuktikan melalui benchmark, tetapi spesifikasi yang diusung oleh chipset Tegra 4 ini cukup meyakinkan. Nvidia masih menggunakan pola 4+1 core seperti pada prosesor Tegra 3, dimana 1 core akan berfungsi saat modus hemat baterai.

Nvidia Tegra 4 ini terdiri dari 4+1 core prosesor ARM Cortex-A15 dengan kecepatan yang belum diketahui. Meski mengsusung pola yang sama dengan Tegra 3, kemampuan Tegra 4 ini jauh lebih perkasa berkat penggunaan arsitektur ARM Cortex-A15 terbaru seperti yang digunakan pada tablet Nexus 10.

Sebagai produsen grafis terkemuka, Nvidia tak tanggung-tanggung membekali grafis Tegra 4. Grafis geForce ULP yang digunakan Tegra 4 memiliki 72 CUDA core, meningkat 6 kali lipat dari Tegra 3 yang hanya dibekali 12 core grafis. Performa grafis yang dihasilkan Tegra 4 tentu akan meningkat signifikan.

Jen-Hsun Huang, CEO Nvidia, mengklaim bahwa prosesor Tegra 4 ini adalah prosesor mobile tercepat di dunia yang akan digunakan pada tablet dan smartphone.

“Tegra 4 adalah prosesor mobile tercepat di dunia saat ini,” kata Jen-Hsun Huang, CEO Nvidia.

Seperti yang dilansir dari The Verge dan Venture Beat (07/01/2013), Tegra 4 memiliki kemampuan untuk pemrosesan foto menggunakan HDR (High Dynamic Range) untuk membedakan bagian-bagian yang gelap dan terang dalam sebuah foto. Tegra 4 ini juga telah mendukung teknologi 4G LTE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda