Scroll to Top

Vicente Del Bosque Pelatih Terbaik Dunia 2012 Kalahkan Jose Mourinho

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 08 Jan 2013

Vicente Del Bosque Pelatih Terbaik Dunia 2012 Kalahkan Jose Mourinho

Vicente Del Bosque akhirnya dinobatkan sebagai pelatih terbaik dunia 2012. Pelatih yang sukses membawa Spanyol menjadi juara Euro 2012 ini sukses menyingkirkan Jose Mourinho dan Pep Guardiola. Penghargaan pada Del Bosque ini disebut-sebut sebagai hasil paling fair mengingat dominasi La Furia Roja di dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Bicara prestasi para pelatih, memang tidak ada yang lebih sensasional daripada Vicente Del Bosque sepanjang tahun 2012. Ia sukses mengantarkan negaranya mempertahankan gelar juara Euro di Ukraina-Polandia. Ini adalah raihan gelar ketiga dalam tiga turnamen besar yang dilakoni Spanyol dalam empat tahun terakhir. Dua di antaranya bersama sang mantan pelatih Real Madrid.

Del Bosque menyalip Jose Mourinho yang tahun 2012 lalu membawa Real Madrid meraih gelar Liga Spanyol pertama dalam empat tahun terakhir. Pencapaian The Special One sangat luar biasa, karena timnya mampu meraih 100 poin —rekor tertinggi di Liga Spanyol sepanjang masa—.

Selain Jose Mourinho, pelatih lain yang ‘dibuat bertekuk lutut’ oleh Del Bosque adalah Pep Guardiola yang cuma menangani Barcelona hingga Mei 2012 lalu.

Vicente Del Bosque sendiri memang pelatih unik. Ia ahli motivasidan dikenal jago mengurus para pemain. Urusan taktik, tidak perlu dipertanyakan lagi. Pria ini pernah menunjukkan kehebatan sebuah tim meski tak bermain dengan seorang penyerang pun, seperti yang disuguhkan Spanyol di Euro 2012 lalu.

Dengan kemenangan Del Bosque, berarti dalam tiga edisi pertama penghargaan pelatih terbaik dunia, selalu ada ‘juara baru’. Tahun 2010, Jose Mourinho memperoleh gelar tersebut bersama Internazionale. Dan tahun 2011 lalu, giliran Pep Guardiola yang mendapatkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda