Scroll to Top

Barcelona Samai Rekor Yang Bertahan 70 Tahun

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 08 Jan 2013

Barcelona Samai Rekor 70 Tahun

Barcelona sukses menggulung Espanyol 4-0 dalam Derbi Barceloni pada Senin, 7 Januari 2013 lalu. Xavi Hernandez, Pedro Rodriguez (2 gol), dan Lionel Messi bergantian membantu Barca terus mempertahankan jarak 16 angka dari Real Madrid. Satu rekor kembali terukir. Pasukan Tito Vilanova adalah tim pertama yang mampu mencetak gol dalam 36 partai beruntun di La Liga dalam kurun waktu 70 tahun.

Tak terasa, hampir setahun lamanya Barcelona senantiasa mencetak gol di setiap pertandingan Liga Spanyol. Terakhir kali mereka tak mampu menjebol gawang lawan dalam sebuah laga, adalah kala dijamu Villarreal di El Madrigal pada 29 Januari 2012. Sejak saat itu hingga kemarin, Barca tercatat telah mencetak gol dalam 36 pertandingan beruntun! Dan, tidak ada tim lain dalam kurun waktu 70 tahun yang mampu melakukan hal serupa.

Yang unik, pada rentangan musim 1942/1943 hingga 1943/1944, tim yang mampu melakukan catatan serupa Barcelona era Tito Vilanova, adalah Barca itu sendiri. Ya, pada rentangan dua musim tersebut, Barca senantiasa mencetak gol sejak pekan ke-9 musim 42-43 hingga pekan ke-18 musim 1943-44. Dan dalam kurun waktu tersebut, tercipta 106 gol.

Selain memecahkan rekor 70 tahun, Barca juga seperti mengalami perubahan peruntungan yang demikian drastis. Ketika ditahan Villarral 0-0 tahun lalu, Barca kala itu semakin tertinggal dari Real Madrid. Jarak yang cuma lima angka melebar menjadi tujuh angka.

Tapi yang terjadi saat ini, dengan mencetak gol dalam 36 pekan beruntun, Barca terus melaju. Jarak 16 angka dari Los Blancos pun terus dipertahankan. Sesuatu yang mungkin, sulit diulangi oleh tim mana pun dan dilatih oleh siapa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda