Scroll to Top

Magpi, Ubah Tweet Twitter Jadi Streaming Radio

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 08 Jan 2013

Magpi

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan Twitter. Mulai dari kebutuhan hiburan hingga berbisnis. William Lindmeier miliki inovasi lain. Ia dengan Magpi-nya mengubah tweet Twitter menjadi streaming radio. Bagaimana ide brilian tersebut bisa muncul?

Pengubahan tweet menjadi ha-hal yang nyleneh memang sering dijumpai fenomenanya. Misalkan saja sebuah game RPG yang cara bermainannya dengan mengonversi tweet jadi sebuah perintah , atau seekor kecoa yang digerakkan melalui Twitter.

William Lindmeier menemukan ide tersebut dalam sebuah proyek Physical Computing di ITP NUY. Kala itu ia menemukan salah satu tema paling popular di sekolahnya, sinestesia.

“Siswa ingin menggunakan teknologi untuk menerjemahkan warna jadi suara, kata-kata jadi gambar, cahaya jadi gerak, dan lainnya,” tulis William Lindmeier di blog Itp.Nyu.edu.

Magpi berwujud dalam bentuk laiknya radio fisik dengan dua tombol: volume dan power. Magpi menggunakan teknologi text-to-speech untuk membaca tweet yang mengalir dari pelbagai saluran.

Tombol seblah kiri miliki fungsi volume dan power. Sedangkan tombol sebelah kanan untuk memilih saluran atau channel radio. Ada dua buah channel: list dan streams.

Saluran list memanfaatkan REST API untuk membaca tweet Twitter yang diciptakan akun @MagpiRadio. Misalkan saja list News, Humor, dan Weird. Sedangkan channel streams membaca tweet secara real-time sesuai filter kriteria.

Misalkan saja saluran Nearby yang membaca tweet sesuai dengan geo-tag Anda. Kicauan terdekat di lokasi sekarang. Laiknya seperti scanner kepolisian. Akun @MagpiRadio membaca tweet yang kemudian dikirim ke radio. Sedangkan saluran Request berdasarkan permintaan yang dikirim pengguna.

Sayangnya William Lindmeier tidak miliki rencana selanjutnya untuk Magpi radionya. Bahkan keseluruhan detail ide dan teknologi karyanya tersebut diposting secara gamblang di blog ITP NYU. Mungkin ia berharap akan ada yang meneruskan atau mengembangkan idenya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda