Scroll to Top

PSSI & KPSI Perburuk Citra Indonesia di Luar Negeri

By Aditya / Published on Tuesday, 08 Jan 2013

La Nyalla - Djohar Arifin

Kisruh antara PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin dan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti yang tak kunjung usai ternyata telah memperburuk citra sepakbola Indonesia di luar negeri. Itulah yang diungkapkan oleh Simon McMenemy, pelatih asal Inggris yang kini membesut salah satu kontestan Indonesia Super League (ISL), Pelita Bandung Raya (PBR).

“Nama Indonesia sendiri sudah tidak baik di luar, karena ada kasus antara klub dengan beberapa pemain dan pelatih,” ungkap Simon McMenemy di Bandung beberapa waktu lalu.

Akibat buruknya nama sepakbola Indonesia di mata dunia, beberapa kolega Simon McMenemy yang meminta kepadanya agar jangan melatih di Indonesia. Pelatih yang musim lalu sempat membesut Mitra Kukar ini pun mengaku kesulitan mendatangkan pemain asing ke Indonesia.

“Bahkan, ada beberapa orang yang bicara agar saya tidak datang ke Indonesia. Mereka takut gaji saya tidak dibayarkan. Saat pertama menukangi tim ini pun, beberapa pemain yang saya ajak bergabung mengungkapkan kekhawatiran yang sama,” tandas Simon McMenemy.

Eks pelatih tim nasional Filipina ini juga mengeluhkan aturan di sepakbola Indonesia yang terkesan tidak profesional karena selalu berubah. Simon McMenemy pun menunjuk kisruh PSSI dan KPSI sebagai penyebab dari semua persoalan ini.

“Kadang kita tidak bisa melakukan apa yang kita mau dalam bersepakbola. Aturan, jadwal, dan hal-hal lainnya bisa sewaktu-waktu berubah,” keluh pelatih yang pernah menukangi klub Inggris, Worthing FC, dan klub Vietnam, Dong Tam Long An, FC ini.

”PSSI dan KPSI jika tetap tidak mau bersatu juga bisa menjadi masalah besar buat klub,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda