Scroll to Top

AMD Perkenalkan Jajaran APU Baru di CES 2013

By Ditya / Published on Tuesday, 08 Jan 2013

AMD APU baru

Pembuat prosesor x86 terbesar kedua sekaligus produsen kartu grafis Radeon, AMD, memperkenalkan jajaran produk APU (Accelerated Processing Unit) generasi baru di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2013. Jajaran APU baru besutan AMD antara lain adalah Kabini, Kaveri, Richland, dan Temash APU.

Advanced Micro Device (AMD) sepertinya tak menyia-nyiakan kesempatan di CES 2013 unruk memperkenalkan jajaran APU baru. APU Kabini dan Temash akan menjadi System on Chip (SoC) pertama AMD untuk menggempur pasar tablet dan ultra mobile PC. Temash juga merupakan generasi penerus APU Hondo Z60 yang telah digunakan pada tablet saat ini.

Sedangkan APU Richland adalah APU generasi baru dan kabarnya prosesor generasi Richland ini telah mulai dikirimkan ke produsen dan OEM komputer. APU Richland ini menjanjikan peningkatan performa antara 20% hingga 40% dibanding APU seri A besutan AMD sebelumnya.

APU Richland ini kabarnya akan diintegrasikan dengan berbagai perangkat lunak canggih seperti handful gesture dan pengenalan wajah (facial recognition tool). Richland APU ini kabarnya akan digunakan pada All-in-One PC dan notebook dari berbagai produsen, seperti HP, Asus, dan Vizio.

Sedangkan yang terakhir adalah Kaveri APU yang saat ini masih misterius. Kabarnya, Kaveri APU adalah sebuah chip baru yang mengusung arsitektur baru yang bernama HSA (Heterogenous System Architecture) yang diproduksi dengan teknologi 28nm dan akan meluncur pertengahan tahun 2013 ini.

Lisa Su, wakil presiden senior AMD mengatakan dalam konferensi pers bahwa AMD adalah perusahaan yang didedikasikan untuk “to bring true surround computing and immersive experiences to our everyday lives”.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (07/01/2013), Lisa Su juga mengatakan bahwa AMD akan meluncurkan SoC quad-core untuk membuktikan kepemimpinan AMD dalam industri gaming. Penasaran? Simak video tentang Richland APU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda