Scroll to Top

Mark Zuckerberg Hadapi Gugatan Hukum di Jerman

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 08 Jan 2013

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg tengah menghadapi gugutan hukum di Jerman. Agensi negara perlindungan data Jerman menuntut bos Facebook ini terkait dengan salah satu kebijakan pengguna.

Mereka keberatan jika FB tidak mengizinkan penggunaan akun dengan nama yang tidak sesungguhnya (anonim). Kebijakan tersebut justru sangat bertentangan dengan hukum yang ada di Jerman.

“Tidak dapat diterima bahwa portal AS seperti Facebook melanggar hukum perlindungan data yang terlindungi di Jerman dan tanpa prospek,” ujar Thilo Weichert komisaris perlindungan data negara bagian Jerman Utara Schleswig-Holstein.

Gugatan ini telah dilayangankan dengan mengirim surat ke Mark Zuckerberg di dua kantornya: California, AS dan Dublin, Irlandia. Di bawah hukum Jerman, layanan media termasuk Facebook harus menawarkan pengguna pilihan untuk menggunakan nama samaran.

Polemik seperti ini bukan pertama kali terjadi. Pada tahun 2011, Schleswig-Holstein melarang organisasi dan perusahaan lokal untuk menggunakan tombol ‘like’ di Facebook. Mereka yakin tombol tersebut bisa memantau pengguna.

Masih di tahun yang sama, otoritas perlindungan data Hamburg memutuskan bahwa fitur pengenalan wajah Facebook melanggar undang-undang privasi di Jerman.

“Saya fikir itu tak mungkin bagi Facebook untuk mengubah model bisnisnya untuk satu negara atau bahkan satu wiayah kecil di Jerman. Dari perspektif bisnis rasanya tak masuk akal,” pendapat Jorg Hladjk, pengacara yang mengkhususkan diri pada perlindungan data di Hunto & Williams Brussel, Belgia.

Seorang jubir Facebook berujar jika gugatan yang ada tidak berdasar dan sangat membuang waktu serta uang. Dia berujar jika Facebook tetap akan melawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda