Scroll to Top

URL FB Palsu Beredar, Jebak Pengguna di Faceboourk.com

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 09 Jan 2013

FaceboourkLogin

Jangan asal login. Perhatikan alamat URL dengan seksama. Telah ditemukan alamat URL FB palsu yang menipu pengguna. Korban dengan dengan URL Faceboourk.com.

Bisa ditebak apa yang akan terjadi jika penggua login di alamat tersebut. Scam, malware, phising, atau bahaya keamanan cyber pasti mengancam. Tidak sedikit pengguna FB yang menyepelekannya.

Pakar perangkat lunak Troy Hunt menjelaskan jika pola penipuan ini miliki modus yang sama dengan pola-pola yang ada di masa lampau. Pengguna diarahkan ke laman tersebut untuk seolah-olah login kembali.

Kemudian setelah login di URL palsu tersebut, pengguna akan diminta data-data pribadi mereka. Seperti nomor ponsel, nomor telepon, alamat rumah, bahkan nomor kartu kredit.

Jika semua data di atas telah ditangkap, pengguna bisa mengalami kerugian dua kali: akun Facebook-nya lenyap digondol penjahat cyber dan data-data pribadinya terancam dicuri.

Faceboourk.com
Faceboourk.com

Facebook beberapa waktu yang lalu telah mewanti-wanti penggunanya akan bahaya serupa. Itulah mengapa jejaring sosial ini harus mewajibkan penggunanya menggunakan secure login (HTTPS).

Dengan demikian jika ada laman yang mengaku atau miliki tampilan mirip Facebook namun tak miliki URL HTTPS, bisa dipastikan laman ini palsu. Jangan login meski laman tersebut memberikan iming-iming hadiah atau gift tertentu.

Cara yang paling mudah menghindari bahaya yang demikian adalah memerhatikan alamat URL Facebook. Ingat URL Facebook hanya Facebook.com atau bisa via FB.com dan FB.me. Menemukan alamat URL diluar itu, lebih baik segera tutup laman tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda