Scroll to Top

Aplikasi Android Bajakan Ditemukan di Blackberry App World

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 09 Jan 2013

BlackBerry App World

Sepekan sebelum dirilisnya Blackberry 10, RIM menemukan data beberapa aplikasi Android bajakan ditemukan di Blackberry App World. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Aplikasi bajakan memang bisa ditemukan dengan mudah di situs-situs yang tersebar luas di internet. Namun jika menemukannya di ‘toko’ aplikasi yang sah, ini hal yang janggal.

Celakanya aplikasi bajakan tersebut dikemas seolah-olah sebagai aplikasi Balckberry PlayBook dan Blackberry 10. Terang aplikasi-aplikasi ‘KW’ ini menipu pengguna yang sesungguhnya adalah aplikasi Android.

Temuan ini ditulis oleh salah satu pengguna di Reddit. Modusnya dengan mengonversi berkas aplikasi Android (APK) yang kemudian diubah menjadi berkas aplikasi Blackberry (BAR).

“Mereka miliki sebuah alat untuk mengambil APK Android dengan mengubahnya menjadi BAR dan dipublikasikan kembali ke App World,” tulisnya.

Ia kemudian menemukan masalah kompatibilitas. Sebuah aplikasi PlayBook bisa dijalankan ke perangkat Android. Sebuah hal yang tidak masuk akal namun terjadi setelah melalui proses konversi.

Laman CNET News menulis sejatinya mudah untuk mengonversi aplikasi Android ke Blackberry. Bahkan di internet tersedia tool online untuk me-repackage aplikasi Android untuk Blackberry.

Lantas bagaimana sikap RIM? Pengembang BB tersebut berharap agar pengembang menghormati mereka sebagaimana mereka menghormati pengembang khususnya untuk kekayaan intelektual.

“Jika pengembang percaya jika hak cipta mereka dilanggar oleh pihak ketiga, pengembang bisa mengajukan keluhan dan akan ditinjau,” ujar RIM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda