Scroll to Top

PSSI Ogah Akur dengan KONI

By Aditya / Published on Wednesday, 09 Jan 2013

PSSI Djohar Arifin

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin tampaknya enggan akur dengan KONI. Pasalnya, PSSI menilai bahwa KONI telah menyalahi aturan dan bersikap tidak netral. Salah satu masalahnya adalah ketika KONI ingin membentuk timnas, yakni Timnas Indonesia U-23, yang akan diterjunkan ke SEA Games 2013 nanti.

Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, menegaskan bahwa KONI tidak berhak membentuk timnas, begitu juga dengan task force yang belum lama ini dibentuk. Pembentukan dan pengelolaan Timnas Indonesia, kata Djohar Arifin Husin, sepenuhnya adalah tanggungjawab PSSI.

“Wacana timnas akan diambil-alih oleh KONI itu menyalahi aturan yang ada. Kalau dilaksanakan, KONI harus merevisi peraturan, mengubah AD/ART mereka dan harus cabut SK pedoman multievent. Tidak semudah itu!” tukas Djohar Arifin Husin.

“Tidak ada dasar task force membentuk timnas. Kalau pemain itu urusan pelatih. Timnas itu sudah ada manajer dan seperti BTN (Badan Tim Nasional) dulu itu yang urus, Exco (PSSI) penentu kebijakan dan pengawas, bukan operasional,” lanjutnya.

Djohar Arifin Husin sendiri pada Selasa (8/1/2013) kemarin menghadiri pertemuan dengan Plt Menpora, Agung Laksono, di Kantor Kemenpora di Jakarta. Salah satu agenda yang dibahas dalam forum itu adalah tentang Timnas Indonesia.

Dalam pertemuan itu, Djohar Arifin Husin didampingi oleh CEO PT. LPIS Widjajanto dan Deputi Bidang Kompetisi PSSI Saleh Mukadar. Djohar Arifin Husin tidak menjelaskan detil isi pertemuan itu, ia hanya mengatakan bahwa PSSI perlu dukungan dari pemerintah agar masalah yang ada di persepakbolaan nasional segera usai.

“Ini hanya pertemuan biasa. Tiap minggu juga kita ada pertemuan untuk membahas beberapa hal yang dilaporkan. Membahas perkembangan setelah pertemuan FIFA kemarin, membahas apa saja yang telah dilakukan, karena perlu dukungan pemerintah agar cepat selesai,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda