Scroll to Top

Facebook Timeline Satu Kolom Mulai Diterapkan Secara Bertahap

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 09 Jan 2013

FB 1 Kolom

Tampilan Facebook Timeline satu kolom mulai diterapkan secara bertahap. Pengguna di wilayah Selandia Baru beruntung bisa merasakannya.

Facebook memang telah mengujicoba tampilan ini beberapa waktu yang lalu. Lewat pengguna terbatas, mereka yang berstatus sebagai beta tester bisa mencicipinya.

Lantas apa yang baru dari Facebook Timeline satu kolom? Beragam. Yang jelas nanti tampilannya hanya satu kolom – meski sejatinya tidak benar-benar satu kolom.

Maksud satu kolom di sini adalah tampilan postingan status yang hanya terfokus dalam 1 kolom saja. Sebelumnya, postingan ini dibagi dua: sisi kiri dan kanan.

Di Facebook Timeline 1 kolom, memang di bagian atas masih tertampil 2 kolom. Namun kolom di sisi kanan hanya informasi tambahan seperti recent friend, foto, maps, aplikasi, musik, dan lainnya.

FB 1 Kolom
Perbandingan FB 1 kolom (kiri) dan 2 kolom (kanan)

Jika setelah informasi tambahan tersebut selesai ditampilkan, maka kemudian tampilan postingan akan membujur 1 kolom tak ada di sisi kiri dan kanan. Mengapa Facebook menerapkan ini?

Banyak pengguna yang mengeluh jika Facebook Timeline 2 kolom membingungkan mereka. Pengguna harus fokus di dua sisi layar yang berbeda. Perubahan Timeline 2 kolom ini juga diikuti dengan perubahan desain baru tab navigasi.

FB 1 Kolom
Desain tab navigasi baru.

Seperti gambar di atas, tab navigasi akan lebih ringkas tidak seperti layout thumbnail di desain sebelumnya. Pun juga dengan opsi yang lebih banyak dan menyajikan info utama pengguna di laman profil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda