Scroll to Top

Intel Ivy Bridge Seri Y, Prosesor Hemat Energi dengan Konsumsi Daya hanya 7 Watt

By Ditya / Published on Wednesday, 09 Jan 2013

Intel ultraBook

Intel memamerkan jajaran prosesor baru yang hemat energi dari keluarga Ivy Bridge seri Y dengan konsumsi daya yang sangat rendah untuk ukuran prosesor mobile, yakni 7 watt saja di CES 2013. Ini setara dengan jajaran prosesor Atom yang juga besutam Intel.

Produsen prosesor x86 terbesar ini juga memperkenalkan istilah baru, yakni Scenario Design Power (SDP). SDP ini berbeda dengan TDP (Thermal Design Power) yang sebenarnya hanya mengukur nilai panas yang dikeluarkan oleh prosesor.

SDP ini dimaksudkan intel untuk mengukur seberapa banyak CPU (Central Processing Unit) atau prosesor mengonsumsi daya selama penggunaan rata-rata atau komputasi standar.

SDP ini akan menjadi standar pengukuran baru bagi prosesor Intel, akan tetapi nilai SDP saat ini tidak dicantumkan untuk jajaran prosesor hemat energi besutan Intel. Intel juga memamerkan jajaran produk yang menggunakan SDP 7W di ajang CES 2013.

Ivybridge 7W

Prosesor intel yang mengusung SDP 7W adalah prosesor Intel seri Y, dimana prosesor tersebut akan mendapatkan imbuhan Y dibelakang nomor seri prosesor. Seri tertinggi adalah Intel Core i7 3689Y dual-core yang berlari dengan kecepatan 1,5GHz dan dilengkapi dengan fitur HyperThreading dan grafis dari intel HD Graphics 4000.

Selain Intel Core i7 3689Y, juga tersedia seri Intel Core i5 3439Y, Core i5 3339Y, Core i3 3229Y, dan seri terendah adalah Pentium 2129Y. Seri Pentium 2129Y tak dibekali fitur HyperThreading dan TurboBoost dan berlari dengan kecepatan 1,1GHz.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica (09/01/2013), kehadiran prosesor hemat energi besutan Intel ini akan meningkatkan daya tahan baterai pada perangkat seperti ultrabook dan tablet.

Kabarnya, tablet Surface Pro besutan Microsoft akan ditenagai oleh prosesor Intel Ivy Bridge seri Y ini. Sayangnya, tak ada konfirmasi dari Microsoft terkait hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda