Scroll to Top

Peran Apakah Yang Anda Mainkan Dalam Sosial Media?

By Aisyah Indarsari / Published on Saturday, 20 Aug 2011

Setujukah Anda jika menyamakan sosial media dengan kehidupan SMA? Setiap siswa tampaknya mencoba mencari jati diri, dan sebagian mengganggap mereka harus berjuang dan sukses menjadi populer di sekolah.

Akan tetapi tiap siswa memainkan perannya masing-masing saat itu. Masih ingatkah apa peran Anda? Si pendiam, si populer atau mungkin si aneh di sekolah?

Dalam sosial media pun tampaknya terjadi hal yang sama. Apakah Anda pernah merasakan kegundahan “tidak ada yang memberi like” di Facebook? Tidak ada ReTweet di Twitter Anda? Atau mungkin Anda penasaran bagaimana teman Anda bisa mendapat 35.000 friends atau follower, sedangkan Anda tidak? Jadi intinya tetap saja bagaimana menjadi populer, bukan?

SocialMediaToday mengkategorikan beberapa kelompok dalam sosial media, dengan metafora kehidupan SMA. Temukan peran Anda disalah satunya:

The Cool Kids

Para pelaku sosial media ini adalah mereka yang bertindak seakan-akan tidak perlu teman atau bahkan sampai mencari-cari teman, tapi toh mereka mendapatkannya juga. Tapi itulah sebenarnya rahasianya. Mereka hanya perlu berakting bahwa mereka tidak berusaha mencari teman. Biasanya mereka hanya memposting informasi pribadi atau foto-foto saat mereka ada di restoran mewah, melakukan skydiving atau sesuatu yang menakjubkan lainnya.

The Cheerleaders

Pelaku sosial media ini biasanya memposting sesuatu dengan tambahan kata-kata penyemangat seperti “Ayo! Kita bisa!”, atau “Jangan lewatkan!”. Mereka membantu pembaca posting mereka agar  merasa seperti diperhatikan. Padahal tujuan utamanya adalah agar pembaca juga memperhatikan mereka.
The Wasteoids

Pelaku sosial media ini biasanya orang-orang yang menganggap diri mereka eksklusif. Dan mereka sering mengalamatkan posting mereka kepada anggota-anggota eksklusif mereka (padahal semua teman yang lain juga bisa membacanya). Mereka terkesan misterius, sehingga cukup banyak yang penasaran dan mencoba untuk bisa berhubungan dengan mereka.

The Nerds

Kali ini adalah pelaku sosial media yang sering membuat kita bingung dengan pembicaraan teknologinya. Mereka sering memposting artikel atau segala sesuatu yang tidak kita pahami, seperti masalah distribusi web server, teknik pengembangan open source atau yang lainnya. Nah begitu mereka memposting sesuatu yang kita mengerti, kita berebut untuk mengomentarinya seakan menunjukkan kita juga melek teknologi.

The Outcasts

Pelaku sosial media ini menggapai pengikutnya dengan menyentuh perasaan mereka yang merasa sama-sama “terbuangnya”. Biasanya posting mereka menyebutkan kalimat bernada “Jika Anda pernah mengalami hal buruk ini ……, maka Anda sama seperti saya”. Mereka menggunakan kebutuhan kita untuk bisa berbagi penderitaan dan akhirnya ada teman berbicara yang cocok.

Nah, apakah ada yang sesuai dengan peran yang Anda mainkan saat ini di sosial media? Atau mungkin Anda punya kategori sendiri selain dari daftar diatas? Bagaimanapun juga, sosialisasi di kehidupan nyata akan lebih berarti dan bermanfaat jika dibandingkan melalui sosial media. Jadi, bertindaklah bijaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda