Scroll to Top

Jose Mourinho Pelatih Terbaik Dunia 2012 Versi IFFHS

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 09 Jan 2013

Jose Mourinho Pelatih Terbaik Dunia 2012 Versi IFFHS

Jika hasil polling dalam gala FIFA menobatkan Vicente del Bosque sebagai pelatih terbaik dunia tahun 2012, lain halnya dengan hasil voting yang digelar IFFHS. Jose Mourinho dinyatakan sebagai yang terbaik tahun ini. The Special One sukses mengalahkan dua nama lain dengan perbedaan yang cukup tipis. Yaitu, Roberto Di Matteo (Italia) yang mengantar Chelsea menjuarai Liga Champions tahun lalu, dan Diego Simeone (Argentina) yang membuat Atletico Madrid melakukan hal ajaib sepanjang tahun kemarin. Uniknya, dua nama yang dikalahkan Jose Mourinho, tak tercantum dalam tiga besar nominasi pelatih terbaik FIFA 2012.

Kemenangan Jose Mourinho dalam polling yang digelar oleh IFFHS ini, membuat dirinya meraih gelar pelatih terbaik dunia untuk keempat kalinya. Sebelumnya, The Special One memperoleh pencapaian ini pada tahun 2004, 2005, dan 2010. Bukan tanpa alasan Mou dinobatkan sebagai yang terbaik. Ia sukses membawa Real Madrid meraih gelar juara Liga Spanyol dengan rekor poin dan gol terbanyak sepanjang sejarah La Liga.

Di bawah Mourinho, dengan perbedaan tipis cuma dua angka saja, ada nama Roberto Di Matteo. Ia hadir di Chelsea sebagai caretaker sementara menggantikan Andre Villas Boas.

Yang dilakukan Di Matteo terbilang ajaib. Ia mengantar The Blues meraih Piala FA dan yang utama, juara Liga Champions 2012. Sesuatu yang demikian dicita-citakan oleh Roman Abramovich, pemilik Chelski. Namun, sebelum tahun berakhir, Di Matteo mesti angkat kopor.

Peringkat ketiga diisi oleh pria yang jago memotivasi pemain; membuat pasukannya berani mati di lapangan demi kemenangan. Dialah Diego Simeone yang —seperti Di Matteo— ditakdirkan menyelamatkan klub.

Atleti yang buruk pada awal musim 2011-2012, malah berhasil memboyong gelar Europa League dan Piala Super Eropa 2012. Dengan isi skuad yang relatif ‘biasa-biasa saja’ jika dibandingkan dengan Barca dan Madrid, Simeone juga sukses membuat klubnya menjadi kuda hitam dalam perburuan gelar La Liga musim ini.

Di bawah ketiga nama di atas, ada nama Pep Guardiola yang membawa Barca juara Copa del Rey 2012. Juga, Adenor Leonardo Bacchi atau Tite yang membawa Corinthians menjuarai Piala Dunia Antar Klub 2012.

Pelatih Terbaik Dunia 2012 versi IFFHS

No Nama Klub/Negara Asal Poin
1 José Mourinho Real Madrid Portugal 101
   Mourinho Félix
2 Roberto Di Matteo Chelsea Italia 99
3 Diego Simone Atlético de Madrid Argentina 97
4 Josep Guardiola  Barcelona Spanyol 82
5 Adenor Leonardo Bacchi Corinthians Brasil 61
6 Josef “Jupp” Heynckes  Bayern München Jerman 40
7 Sir Alexander Ferguson Manchester United Skotlandia 27
8 Jürgen Norbert Klopp Borussia Dortmund Jerman 15
9 Marcelo Alberto Bielsa Athletic Bilbao Argentina 12
10 Roberto Mancini Manchester City Italia 11
11 Hossam El-Badry Al-Ahly Mesir 8
Muricy Ramalho Santos Brasil 8
13 Jorge Luis Sampaoli Universidad de Chile Argentina 6
14 Abel Carlos da Silva Fluminense Brasil 5
Víctor Manuel Vucetich Monterrey Meksiko 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda