Scroll to Top

46% Pengguna FB Tak Sadar Jika News Feed Dipenuhi Iklan

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 10 Jan 2013

Facebook Akan Menyisipkan Iklan di News Feed

Ternyata banyak pengguna FB tak menyadari banyak iklan yang bersliweran di news feed. Menurut studi terbaru, angkanya mencapai 46%. Lantas apa yang mereka yakini?

Bukan menjadi rahasia umum jika Facebook getol mengeksploitasi news feed untuk mengeruk pendapatan. Setidaknya ada beberapa pintu bagaimana Facebook menggenjot pendapatan dari penggunanya.

Ikla di news feed pengguna adalah salah satu diantara pintu tersebut. Dengan menyematkan iklan ini, Facebook berharap bisa menghadirkan konten iklan yang sesuai dengan minat dan ketertarikan pengguna.

Namun menurut The Search Agency, banyak pengguna yang tidak atau belum memahami bagaimana Facebook menghasilkan uang. Dengan kata lain, bisa dikatakan jika mereka melihat iklan di Facebook disamaartikan dengan konten, fitur, atau mungkin bagian dari status yang dibagikan.

The Search Agency yang melakukan studi oleh Harris Interactive menemukan data dari 2.006 orang dewasa pengguna internet di AS jika hanya 54% dari mereka mengerti bagaimaa Facebook menghasilkan uang. Sisanya, 46% tak mengetahuinya.

Angka tersebut dipecah menjadi dua: 57% pria dan 51% wanita. Sementara itu hanya 70% dari responden yang paham dengan benar bagaimana memosting status di Timeline. 76% wanita mengetahuinya dan 64% pria juga demikian.

Keith Wilson Wakil PresidenThe Search Agency berujar pada All Facebook jika terjadi kesenjangan pengetahuan. Seharusnya konsumen, pengguna Facebook perlu diedukasi lebih lanjut soal masalah iklan ini.

“Mereka harus dididik. Bagaimana menyingkapi iklan dalam mode yang berguna. Mereka seharusnya berkata ‘oh iklan ini tak relevan bagi saya’ namun justru hanya diam. Perlu relevansi dalam penyajian iklan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda