Scroll to Top

Samsung Exynos 5 Octa, Prosesor Mobile 8 Core Pertama Diperkenalkan

By Ditya / Published on Thursday, 10 Jan 2013
Samsung Exynos
Samsung Exynos

Tak mau kalah dengan Qualcomm dan Nvidia yang telah meluncurkan prosesor baru, Samsung memperkenalkan prosesor Exynos 5 Octa yang merupakan prosesor 8 core atau octa-core pertama di dunia di ajang CES 2013.

Sebelumnya, Nvidia telah meluncurkan prosesor Tegra 4 yang diklaim sebagai prosesor mobile tercepat saat ini, kemudian disusul Qualcomm yang memperkenalkan jajaran prosesor Snapdragon baru yang dipimpin oleh Snapdragon 800 di ajang CES 2013.

Kini giliran raksasa elektronik asal Korea Selatan unuk kekuatan melalui prosesor tercanggihnya, Exynos 5 Octa. Prosesor Exynos 5 Octa ini adalah prosesor 8 core yang sebelumnya dikenal dengan chip big.LITTLE yang sempat dikabarkan akan menjadi dapur pacu Samsung Galaxy S4.

Exynos 5 Octa ini disebut sebagai chip big.LITTLE karena menggabungkan 2 arsitektur prosesor dalam 1 chip. Samsung Exynos 5 Octa ini terdiri dari 4 core ARM Cortex-A15 yang powerfull sekaligus mewakili kata “big” untuk mengerjakan tugas berat.

Sedangkan kata LITTLE diwakili 4 core sisanya yang menggunakan arsitektur prosesor ARM Cortex-A7 yang dikenal sebagai prosesor hemat daya untuk mengerjakan tugas ringan. Konsep ini mirip dengan pola yang digunakan pada Tegra yang mengusung pola 4+1 core, sedangkan Exynos 5 Octa ini 4+4 core.

Samsung mengklaim bahwa kinerja chip Exynos 5 Octa ini 70 persen lebih efisien dibanding Exynos quad-core seri sebelumnya. Tak hanya itu, presiden Samsung mengklaim Exynos 5 Octa ini menghadirkan kinerja yang jauh lebih powerfull ketimbang seri sebelumnya.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (09/01/2013), prosesor Exynos 5 Octa ini kemungkinan besar bukan dapur pacu utama untuk smartphone Samsung Galaxy S4, karena tak ada konfirmasi resmi dari pihak Samsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda