Scroll to Top

Barcelona vs Cordoba 5-0: Menang Besar Tanpa Lionel Messi

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 11 Jan 2013

Barcelona vs Cordoba

Barcelona melaju ke perempat final Copa del Rey 2013 dengan kecepatan tinggi, meski tanpa Lionel Messi. Bermain pada leg kedua 16 besar yang digelar pada Jumat, 11 Januari 2013, pasukan Camp Nou yang juga tak dipimpin oleh Tito Vilanova, meraih hasil pertandingan Barcelona vs Cordoba skor 5-0. David Villa, pria yang terhantam gosip diburu oleh klub-klub Liga Inggris, mencetak 2 gol kemenangan timnya. Alexis Sanchez yang sering dikritik, memborong dua gol pula. Hasil Copa del Rey 2013 ini membawa Barca bersua Malaga di babak delapan besar.

Siapa pun yang dimainkan oleh Barca, sepertinya mereka hanya ditakdirkan untuk menang. Seperti dalam pertandingan Barca vs Cordoba ini. Dipimpin oleh Jordi Roura yang sementara menggantikan Tito, pasukan Catalan menunjukkan permainan apik. Mungkin kita akan berkata ‘wajar-wajar saja’, toh Cordoba tengah tertatih dengan serangkaian hasil buruk. Tapi, tiga gol di babak pertama —dan mungkin lebih– sudah cukup menunjukkan bisa apa Barcelona tanpa seorang Lionel Messi yang duduk di bangku cadangan.

Butuh 17 menit untuk membuka keunggulan. Thiago Alcantara menikmati betul porsi yang diberikan kepadanya di ajang Copa del Rey. Menerima umpan akurat dari Alex Song, Thiago melakukan tiga sentuhan sebelum mengirimkan bola ke sudut gawang Cordoba yang dikawal oleh Mikel Saizar. Pertahanan tim tamu sudah kehilangan akal karena jantung mereka terkoyak langsung dalam skema gol tadi.

Barcelona vs Cordoba 2

Barca semakin melenggang ketika David Villa mencetak 2 gol dalam rentang lima menit, sejak menit 21. Gol pertama Villa, sangat menakjubkan. Ia mengecoh seorang bek lawan di sudut yang relatif sempit di sisi kanan pertahanan Cordoba, bergerak mendekati Saizar untuk kemudian menaklukkan sang kiper.

Gol kedua El Guaje, dibuka oleh pergerakan apik Alex Song yang lantas menyodorkan bola pada si bocah ajaib, Sergi Roberto. Pemain berwajah bayi ini kemudian menyodorkan bola kepada Villa yang tinggal melepaskan tembakan kencang ke sudut kiri bawah gawang Cordoba. 3-0 di babak pertama, sebenarnya kurang. Andai Barca benar-benar bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Paruh kedua, Barca tak menurunkan tekanan. Mereka menambah sebiji gol lagi ketika pertandingan berjalan 54 menit. Alexis Sanchez yang dua menit sebelumnya membuang peluang ketika telah mengecoh kiper lawan, membayar kesalahan. Tendangan sudut Thiago Alcantara disambut penyerang Chile dengan tandukan mematikan.

Menjelang akhir pertandingan, masih ada gebrakan yang dilakukan oleh Barca. Dan hal itu dilakukan oleh Alexis Sanchez. Lagi-lagi setelah ia membuang peluang emas. Menit 85, pergerakannya menghancurkan siapa pun termasuk kiper Saizar. Tapi, di detik penentuan, Alexis tak mampu menjaringkan bola ke gawang kosong karena hilang keseimbangan. Dan hanya sesaat kemudian, penyerang Chile membobol gawang Cordoba dari jarak dekat.

Skor akhir 5-0 untuk Barcelona. Dan agregat melebar ke angka 7-0. Prestasi apik meski tak ada Lionel Messi dan Tito Vilanova. Malaga sudah menanti di babak berikutnya.

Barcelona (4-3-3): Pinto; Alves, Puyol (Bartra ’46), Mascherano, Montoya; Sergi Roberto (Jonathan Dos Santos ’52), Song, Thiago; Cesc (Tello  ’46), Villa, Alexis

Cordoba (4-4-2): Saizar; Fernandez, Armando, Aguilar, Fuentes; Silva, Garai, Caballero (Vincenzo Rennella ’69), Dubarbier (Pedro ’60); Joselu, Fedel Vico (Abel ’46)

Gol: Thiago Alcântara 17′, David Villa 21′ dan 26′, Alexis Sánchez 55′ dan 85′

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda