Scroll to Top

Tes Smear Terbaru Mampu Deteksi 3 Kanker Berbahaya

By C Novita / Published on Friday, 11 Jan 2013

tes pap smear deteksi 3 jenis kanker

Sebuah temuan baru berupa tes smear tunggal diklaim mampu mendeteksi 3 jenis kanker berbahaya yang biasanya diidap oleh kaum wanita. Tes smear yang biasa mampu mendeteksi kanker serviks pada ovarium dan rahim.

Kini, tak hanya kanker serviks, kanker ovarium yang kerap diberi nama the silent killer juga mampu dideteksi oleh tes smear yang terbaru pada gejala awalnya. Padahal biasanya sulit sekali mengetahui adanya perkembangan kanker ini.

Pada 2/3 kasus kanker ovarium yang tercatat, semua terlambat ditangani dan menjadi fatal hingga menyebabkan kematian.

Pada pengembangannya, ilmuwan di AS berusaha untuk menyederhanakan tes ini dan membuatnya menjadi lebih murah. Semua didasarkan pada tes smear yang mampu mencari adanya kelainan di sel-sel rahim dan leher rahim.

Sebuah kanker berbahaya lagi yang kerap diderita oleh wanita adalah kanker endometrium atau kanker pada lapisan rahim. Kanker jenis ini pun dikatakan dapat dideteksi gejala awalnya dengan tes smear terbaru.

Para wanita dengan usia 25 hingga 49 tahun cukup meluangkan waktu selama 5 menit saja setiap 3 tahun untuk menjalani pemeriksaan ini. Dan bagi wanita dengan usia di atas 65 tahun, cukup 5 tahun sekali.

Dikatakan bahwa pada penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins Kimmel di Cancer Center dari Batimore, Maryland AS, keberhasilan tes ini mendeteksi kanker endometrium mencapai 100%.

Anda yang tak belum bisa menjalani tes smear terbaru ini, jangan khawatir. Sebab dengan melakukan tes pap smear biasa di rumah sakit terdekat pun sudah mencukupi untuk mendeteksi gejala awal kanker berbahaya bagi wanita.

 

Sumber Dailymail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda