Scroll to Top

Siapa Pengganti Van der Sar?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 17 May 2011

Manchester United dipastikan akan kehilangan sang penjaga gawang super, Edwin Van der Sar musim depan. Van der Sar yang usianya sudah kepala 4 sebenarnya masih sangat tangguh di bawah mistar; plus tak banyak melakukan blunder seperti kebanyakan kiper uzur lainnya. Namun, apa mau dikata. Kiper yang pernah membela Ajax Amsterdam, Juventus, dan Fulham ini tak mau memperpanjang kontrak. Jika MU sekali lagi ditekuk Barcelona dalam final Liga Champions, gelar juara Liga Inggris mungkin saja menjadi gelar terakhir Van der Sar bersama Manchester United.

 

Gemilang di Usia Tua

Van der Sar yang memulai karier di MU pada musim 2005 setelah dibeli seharga 2 juta Euro dari Fulham, mengingatkan kita pada sosok Peter Schmeichel yang pernah begitu ditakuti kala membentengi gawang Setan Merah. Memang, musim-musim sebelumnya, kala Schmeichel pensiun, Sir Alex Ferguson sempat kelimpungan. Pembelian Massimo Taibi hingga penjaga gawang berkepala plontos, Fabien Barthez, tidak menjamin perawannya gawang MU. Kedatangan Van der Sar yang sebenarnya sudah berusia 34 tahun ke Old Trafford mengembalikan kegemilangan pertahanan MU. Van der Sar membawa MU menjuarai Liga Champions 2007-2008 setelah berhasil menepis penalti Nicolas Anelka dalam drama adu penalti yang mencekam sehingga ia dijuluki “Van der Save”. Pada musim 2008-2009, Van der Sar bahkan mampu menciptakan rekor clean sheet (tak kebobolan) selama 1.311 menit pada usia 38 tahun!

 

Pelapis Belum Mampu

Kepergian Van der Sar dari Old Trafford jelas mengundang tanya. Apakah MU akan kembali mengalami masa-masa transisi seperti ketika Schmeichel pergi? Keraguan menyeruak. Pelapis Van der Sar selama ini, Tomasz Kuszczak, selama musim 2010/2011 “hanya” diberi kesempatan tampil 10 kali (bandingkan dengan Van der Sar yang total tampil 44 kali). Sementara itu, kiper Norwegia, Anders Lindegaard (usia 27 tahun) yang datang pada pertengahan musim, baru memperkuat Red Devils 2 kali, 1 di Liga Inggris dan 1 di Piala FA.

 

Antara Stekelenberg, Muslera, Neuer, dan de Gea

dari kiri ke kanan: Maarten Stekelenberg, David de Gea, Fernando Muslera, dan Manuel Neuer

 

Van der Sar sendiri bukannya tidak menyadari pentingnya posisi penjaga gawang bagi MU. Ia menyarankan Sir Alex Ferguson untuk membela sesama kiper Belanda, Maarten Stekelenberg yang sekarang menjadi kiper utama timnas Belanda. Jika Sir Alex mengabulkan harapan Van der Sar, Stekelenberg yang sekarang bermain di Ajax, akan berkesempatan untuk menjajal ganasnya liga lain selain Liga Belanda.

Sementara itu, United bukannya tidak berburu kiper. Pada awal musim, sempat terbersit gosip bahwa kiper Uruguay dan Lazio, Fernando Muslera, tengah didekati oleh Sir Alex. Namun, gosip ini tidak berbuah kenyataan. Nama lain yang masuk dalam daftar incaran MU adalah Manuel Neuer, kiper Schalke 04 yang musim ini membawa klub Jerman tersebut mencicipi semifinal Liga Champions. Bahkan, Sir Alex sempat memuji penampilan Neuer kala Schalke ditekuk Manchester United 0-2 di kandang sendiri. Terakhir, nama kiper Atletico Madrid, David de Gea juga mencuat. Jadi, siapakah di antara Sketelenberg, Muslera, dan Neuer yang akan menjadi penjaga gawang nomor satu MU berikutnya? Apakah MU akan langsung sukses dengan kiper baru, ataukah mereka kembali mengulang masa suram seperti awal-awal kehilangan Schmeichel? Hanya waktu yang dapat membuktikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda