Scroll to Top

Kesehatan Anda Bisa Dilihat dari Kondisi Lidah, Lho

By C Novita / Published on Friday, 11 Jan 2013

kesehatan dilihat dari lidah

Lidah memang sangat bermanfaat untuk merasakan lezatnya makanan, ngobrol, bahkan untuk melihat kondisi kesehatan seseorang. Ya, baik atau buruknya kesehatan seseorang dapat dilihat dari kondisi lidahnya.

Sudah sering melihat dokter mengamati keadaan lidah pasiennya, bukan? Itu karena ukuran, warna, dan tekstur alat pengecap itu memang dapat menunjukkan kondisi pasien.

Pengobatan tradisional China dan India pun kerap menggunakan lidah untuk mendiagnosa penyakit pasiennya.

Dr Krishnakant Dhebri, seorang dokter umum, berujar bahwa sebuah luka di lidah bisa menandakan bahwa tubuh sedang kekurangan vitamin.

Penyakit sianosis (kondisi paru-paru tidak mendapat cukup oksigen) pun dapat dilihat dari lidah. Gejala awal campak juga terlihat karena mereka muncul terlebih dahulu di lidah sebelum di kulit tubuh.

Dilansir oleh Timesofindia, berikut ini beberapa keadaan lidah yang perlu Anda perhatikan untuk mendeteksi penyakit:

  • Warna.

Tubuh yang sehat biasanya dilihat pada warna lidah yang merah muda cerah. Jika nampak warna gelap pada lidah, biasanya terjadi inflamasi di bagian tubuh. Pada kasus ekstrim, dapat melambangkan adanya kanker.

Jika nampak lapisan putih tebal di lidah, bisa disebabkan karena oversekresi empedu di hati dan kandung empedu. Jika lidah berwarna ungu atau biru, maka segeralah mencari pertolongan dokter karena itu tandanya ada konsumsi berlebih gula dan makanan olahan.

  • Permukaan.

Lidah yang botak tanpa tekstur pertanda Anda kekurangan zat besi atau anemia. Lidah berbintik besar berarti Anda rentan alergi. Lidah kering tanda bahwa Anda sedang stress.

  • Bentuk

Lidah yang besar dan lebar jika diulurkan bisa menjadi gejala kondisi medis down syndrome, atau kretinisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda