Scroll to Top

Awas! Pilih Shampo yang Tak Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

By C Novita / Published on Saturday, 12 Jan 2013

bahan kimia berbahaya pada shampo

Shampo yang Anda gunakan terkadang luput dari perhatian, apakah mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak. Tidak seperti kosmetik yang langsung diaplikasikan ke kulit wajah dan terlihat efeknya, bahan kimia berbahaya pada shampo tak langsung nampak efeknya buruknya. Namun cepat atau lambat, kerusakan akan terlihat baik di rambut atau pun kulit kepala Anda.

Apa sajakah bahan kimia berbahaya yang harus Anda perhatikan pada shampo pilihan Anda tersebut? Dilansir oleh situs healthmeup, berikut diantaranya:

  • Sodium Lauryl / Laureth Sulfate. Sodium lauryl ini kerap menjadi bahan dasar deterjen dan juga bahan pembersih pada industri.
  • Dietanolamina. Bahan kimia ini bisa bersifat karsinogenik atau pemicu kanker jika digunakan bersama bahan kimia lain dengan komposisi yang tak tepat. Ia akan mengendap dan merusak pada organ tubuh, paling fatal di paru-paru.
  • Parabens. Zat ini bisa memicu meningkatnya produksi hormon esterogen. Dengan pemakaian terus-menerus, dikhawatirkan terjadi ketidakseimbangan pada hormon tersebut.
  • Formaldehida / urea doazolidinyl adalah zat yang sering digunakan untuk pembalseman mayat.
  • Isopropyl alcohol digunakan untuk pelarut warna. Dapat menyebabkan sakit kepala dan mual bila terhirup secara berlebih.
  • Propylene glycol. Bahan ini adalah bahan dasar pembuatan kondisioner dan shampoo dan mampu menembus lapisan kulit kepala serta menyerap protein. Kulit dapat menjadi kendor jika sering terpapar zat ini.
  • SLS (sodium lauryl sulphate) mengakibatkan katarak, walau tidak terkena secara langsung pada mata. Ia dapat diserap kulit melalui kondisioner rambut.
  • DEA (diethanolamine), MEA (momoethanolamine) TEA (triethanolamine). Bersifat karsinogenik, dapat memicu timbulnya kanker.
  • Formaldehyde. Memicu alergi, pusing dan kelelahan juga melemahkan daya tahan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda