Scroll to Top

AMD Tak Tertarik Dukung Tablet Android

By Ditya / Published on Saturday, 12 Jan 2013

Peluncuran AMD APU

Advanced Micro Device (AMD) menyatakan bahwa pihaknya tak tertarik untuk mendukung tablet dengan sistem operasi Android. Produsen prosesor x86 terbesar kedua ini mengatakan bahwa pihaknya tak memiliki rencana untuk memproduksi APU (Accelerated Processing Unit) untuk tablet Android.

Pernyataan AMD ini berbeda dengan rivalnya, Intel, yang telah menyiapkan 2 generasi SoC (System on Chip) generasi Atom Meldfield dan Merrifield untuk mendukung perangkat tablet dan smartphone Android.

Meskipun AMD dulu sempat dikabarkan menyewa spesialis software untuk mengeksplorasi sistem operasi Google Android untuk kepentingan perusahaan dan platform, pembesut prosesor FX ini malah tak berencana untuk merilis prosesor untuk perangkat tablet berbasis Android.

AMD mengatakan bahwa saat ini tablet Android saat ini mayoritas ditenagai oleh prosesor berbasis ARM dan sebagian besar dibandrol dengan harga yang cukup murah dan AMD tak akan mampu bersaing dengan penawaran harga AMD APU. Kini pembesut kartu grafis Radeon ini menargetkan pasar tablet dengan harga 4 jutaan keatas dengan sistem operasi Windows 8.

“AMD ingin membuat tanda di tablet harga mulai sekitar $ 499 atau $ 599. Kami sangat berharap pada Windows 8,” kata Lisa Su, wakil presiden senior dan general manager dari unit bisnis global di AMD.

AMD telah menyiapkan APU Hondo Z60 untuk tablet Windows 8 saat ini. Saat ini ada 2 produsen yang telah memproduksi tablet dengan prosesor AMD APU Z60, yakni Fujitsu dan Vizio.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (10/01/2013), AMD juga telah memperkenalkan APU generasi Temash dan Kabini sebagai SoC (System on Chip) generasi penerus APU Hondo yang ada saat ini. Temash dan Kabini menawarkan peningkatan performa signifikan baik di sisi jumlah core, kinerja prosesor maupun grafis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda