Scroll to Top

PSSI: Klub ISL Tak Mendaftar, IPL Hanya Diikuti 16 Tim

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 12 Jan 2013

Persija vs Persib

Akhirnya tidak ada satupun klub dari Indonesian Super League (ISL) yang melakukan regestrasi ulang ke PSSI. Dengan demikian kompetisi resmi dibawah PSSI (IPL), kelak hanya akan diikuti oleh 16 klub peserta.

Ketika dimintai konfirmasinya, Ketua Komite Kompetisi PSSI Sihar Sitorus tidak membantah hal tersebut.

Menurut Sihar sebenarnya PSSI telah memberikan kesempatan bagi klub-klub tersebut untuk mendaftar ulang.

Namun hingga akhir batas waktu yang ditetapkan yakni 9 Januari 2013, klub-klub ISL tersebut tidak juga merespon dengan baik.

Dengan tidak adanya klub ISL yang melakukan registrasi, maka kompetisi IPL musim ini akan berjalan sesuai dengan rencana awal yaitu hanya diikuti 16 klub, yang terdiri 11 klub lama dan lima klub baru atau promosi.

Namun PSSI menurut Sihar, tetap akan melakukan verifikasi untuk klub tersebut, karena harus menyesuaikan dengan aturan-aturan yang ada.

Jika tidak ada perubahan, kompetisi Indonesian Premier League (IPL) musim ini akan dimulai pada 9 Februari 2013 mendatang.

Pada pertandingan perdana akan mempertemukan klub Semen Padang melawan Persibo Bojonegoro.

Selain itu PSSI berencana akan menerapkan sistem Financial Fair Play, pada kompetisi IPL musim 2013 ini. Nantinya batasan maksimal pengeluaran setiap klub adalah Rp 12 miliar.

Sihar Sitorus menjelaskan dengan penerapan sistem tersebut, klub dapat membatasi pengeluaran sehingga kasus tunggakan gaji pemain tidak lagi terulang.

Selain itu penerapan Financial Fair Play ini, telah berdasarkan standar kompetisi di liga profesional yang mengacu pada aturan FIFA.

Lebih jauh dikatakan jika penetapan jumlah Rp12 miliar sudah berdasarkan survei PSSI dan operator kompetisi PT Liga Prima Indonesia Sportindo (PT LPIS) dalam mencermati keuangan klub-klub.

Sementara itu mengenai masalah tunggakan gaji klub, PSSI menyatakan akan bertindak tegas terhadap klub dan tidak mengikutsertakan dalam kompetisi.

Pasalnya sesuai dengan peraturan Profesional Licensing Club, klub yang masih menyisakan permasalahan tunggakan gaji pemain tidak diperbolehkan mengikuti kompetisi.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda